Belum Terlambat untuk Memulai! 8 Aktivitas Menyenangkan Ini Bisa Bikin 2021-mu Makin Sehat
Pxhere
Health

Ada banyak aktivitas sederhana sehari-hari yang bisa kamu lakukan untuk hidup yang lebih sehat bahkan tak jarang aktivitas ini justru menyenangkan untuk dijalani.

WowKeren - Hidup sehat adalah dambaan setiap orang. Namun sayangnya, tak semua orang melakukan upaya yang dibutuhkan untuk meraihnya. Ada banyak alasan, bisa jadi karena aktivitas yang harus dilakukan cukup berat dan menyita waktu, sedangkan usai bekerja biasanya badan sudah lelah sehingga tak ada energi untuk berolahraga.

Selain olahraga, menjaga pola makan juga penting. Sayangnya, godaan untuk mencicipi makanan lezat yang belum tentu menyehatkan cenderung kuat, terutama untuk makanan berlemak dan manis. Hidup sehat sebetulnya bisa dimulai dari hal-hal yang menyenangkan. Aktivitas ini bisa dilakukan setiap hari tanpa beban. Berikut beberapa di antaranya.

(wk/zodi)

1. Kurangi Duduk dan Lebih Aktif Bergerak


Kurangi Duduk dan Lebih Aktif Bergerak
Pixnio

Pekerjaan memang terkadang menuntut kita untuk berada di depan layar secara terus-menerus. Duduk dengan posisi sama dalam waktu yang lama bisa membuat ototmu kaku. Terlalu banyak duduk dapat berdampak negatif bagi kesehatan dan ini mungkin terkait dengan peningkatan risiko kematian secara keseluruhan.

Untuk itu mulailah aktif bergerak. Saat jam makan siang pergilah ke kantin bawah dengan berjalan. Atau setiap setengah jam berdirilah untuk mengambil minum di pantri kantor. Jangan meletakkan botol minum besar di tempatmu karena ini akan membuatmu malas bergerak. Untuk menjangkau benda di sekitarmu, berdirilah dan berjalan alih-alih hanya dengan menggeser kursi.

2. Tidur Lebih Banyak Namun yang Berkualitas


Tidur Lebih Banyak Namun yang Berkualitas
Pixabay

Aktivitas pekerjaan yang terlampau sibuk terkadang memang cukup menyita waktu dalam keseharian kita. Bahkan beban kerja ada kalanya juga turut membuat kita kepikiran sehingga tidak bisa menikmati momen. Pikiran yang lelah justru hanya akan mengurangi produktivitasmu dalam bekerja.

Untuk itu, pastikan kamu mendapatkan tidur yang berkualitas untuk memulihkan stamina tubuhmu. Tidur yang berkualitas bisa membuatmu makin berenergi untuk lebih produktif menjalani hari. Selain itu masih banyak manfaat yang bisa kamu dapat dengan tidur berkualitas. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimaknya pada artikel ini, ya.

3. Temukan Latihan Fisik yang Menyenangkan


Temukan Latihan Fisik yang Menyenangkan
Pxhere

Sempatkan waktu untuk memulai latihan fisik. Jika tidak memungkinkan untuk melakukannya setiap hari, 3 kali seminggu saja cukup. Pergilah ke gym terdekat dan mendaftar sebagai anggota. Di sana ada banyak latihan fisik yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan, mulai dari yang ringan hingga berat.

Latihan fisik bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar. Selain pergi ke gym sebetulnya ada beberapa aktivitas sehari-hari yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif untuk latihan fisik. Termasuk salah satunya berkebun. Untuk lebih jelasnya, simak di artikel ini, ya.

4. Kurangi Makan di Luar dan Lebih Sering Memasak


Kurangi Makan di Luar dan Lebih Sering Memasak
Pxhere

Sering dianggap sepele, namun kebiasaan yang satu ini bisa mempengaruhi kualitas hidupmu. Makan makanan di luar tak hanya akan menguras kantongmu namun kamu juga tidak tahu kualitas bahan yang digunakan, bukan? Untuk itu cobalah untuk memasak makananmu sendiri.

Bangun lebih pagi untuk membuat bekal sebelum pergi ke kantor. Sarapanlah dengan makanan sehat dan siapkan menu seimbang untuk makan siang. Selain hemat, aktivitas menyenangkan ini bisa bikin hidupmu lebih sehat karena memungkinkanmu untuk memilih bahan sesuai kebutuhan nutrisi.

5. Kurangi Minuman Berpemanis


Kurangi Minuman Berpemanis
Pxhere

Minuman berpemanis memang segar dinikmati sebagai pelepas dahaga, namun jangan terlalu sering. Sebab, minuman yang satu ini mampu meningkatkan risiko diabetes, hati berlemak, penyakit jantung, resistensi insulin, dan gigi berlubang. Alih-alih minuman manis, minumlah air putih untuk mengurangi rasa hausmu. Opsi ini jauh lebih menyehatkan untuk tubuh agar tidak dehidrasi.

6. Pergi Belanja Seminggu Sekali


Pergi Belanja Seminggu Sekali
Pixabay

Masih berkaitan dengan poin nomor 1, pergi belanja seminggu sekali memungkinkan tubuhmu untuk bergerak lebih aktif. Saat berbelanja di supermarket terdekat, mau tidak mau kamu harus berjalan ke sana ke mari untuk mendapatkan produk dan bahan yang kamu cari.

Hal ini juga mendukung resolusimu untuk memasak makananmu sendiri alih-alih memesannya lewat delivery. Tak harus dilakukan setiap hari, belanja cukup seminggu sekali. Cara ini jauh lebih menyehatkan karena bisa membakar lebih banyak kalori dibanding hanya memesannya secara online di depan layar gadget.

7. Setop Minuman Beralkohol


Setop Minuman Beralkohol
Pixabay

Sudah menjadi rahasia umum jika minuman beralkohol mendatangkan lebih banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Selain menyebabkan kerusakan hati, minuman beralkohol juga bisa mengganggu keseimbangan level gula darah.

Untuk itu agar tubuh lebih sehat dan terlepas dari candu minuman berbahaya ini, sebaiknya buat perubahan dari sekarang dengan berhenti mengonsumsinya. Alkohol juga dapat menurunkan daya tahan tubuh, seperti yang bisa kamu simak pada artikel ini.

8. Kurangi Waktu di Depan Layar


Kurangi Waktu di Depan Layar
pixy.org

Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar ponsel selain bisa mengurangi interaksi dengan sesama, juga berdampak buruk bagi kesehatan. Selain mata lelah, otot leher juga bisa tegang karena terus berada di posisi yang sama.

Tak hanya itu, menghabiskan terlalu banyak waktu terutama di media sosial telah dikaitkan dengan depresi, kecemasan, dan kesepian. Yang mana, kondisi ini bisa mengurangi kualitas hidupmu. Kurangilah aktivitas berada di depan layar untuk membantu meningkatkan suasana hati dan meningkatkan produktivitas.

Itulah tadi beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan demi membuat tahun ini menjadi lebih sehat. Bagaimana, tidak susah untuk dilakukan, bukan?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait