Habib Rizieq Akhirnya Ungkap Alasan Sengaja Sembunyikan Hasil Tes Swab COVID-19
Instagram/pencinta_para_habib_rizie
Nasional
Polemik Tes Swab Habib Rizieq

Permasalahan tes swab PCR yang dilakukan Habib Rizieq dengan Tim Mer-C di RS UMMI Bogor memang sempat menghebohkan lantaran yang bersangkutan enggan membukanya ke publik.

WowKeren - Habib Rizieq Syihab dihadapkan dengan sejumlah kasus yang kini mengancamnya dengan pidana penjara. Termasuk soal tudingan Rizieq sengaja menyembunyikan hasil tes swab PCR-nya sehingga dianggap menghambat dalam penanggulangan wabah COVID-19.

Menanggapi hal tersebut, dalam sidang pembacaan eksepsi pribadinya pada Jumat (26/3) tadi, Rizieq akhirnya menjelaskan alasan mengapa ia menyembunyikan hasil tesnya. Rupanya semua sikap tersebut semata-mata demi menenangkan para keluarga dan kerabat alih-alih membuat keonaran seperti yang ditudingkan selama ini.

"Jika saya mengabarkan keluarga dan kawan bahwa saya sehat, karena memang saya merasa jauh lebih baik dari sebelumnya sehingga merasa sudah sehat, sekaligus menenangkan mereka," terang Rizieq lewat surat eksepsinya di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. "Bukan menyebarkan berita bohong untuk menimbulkan keonaran."

Rizieq menegaskan dirinya sama sekali tidak berniat untuk menyebarkan berita bohong apalagi berbuat onar. Karena itulah kemudian ia sangat menyayangkan aparat yang kemudian menahannya beserta sang menantu, Muhammad Hanif Alatas, terkait hasil tes swab yang dilakukannya.


Padahal, sambung Rizieq, untuk keperluan pembelian obat hingga pemeriksaan semua dilakukan dengan biaya sendiri. Sehingga ia heran mengapa upayanya untuk kembali sehat malah berujung ancaman hukuman 10 tahun penjara.

"Ironis, saat saya sebagai warga Negara menderita sakit dan berobat ke RS dengan biaya sendiri, lalu mendapat perawatan baik dari Rumah Sakit dengan Dokter yang berkualitas, justru saya dan pihak RS," papar Rizieq. "Semua diproses hukum dengan fitnah menyebarkan berita bohong yang menyebabkan keonaran dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara."

Rizieq pun kembali mengingatkan soal Undang-Undang Kesehatan yang melindungi hak pasien merahasiakan rekam medisnya, termasuk pemeriksaan tes swab. Alasan ini pula yang kerap disampaikan Rizieq sejak kasus polemik tes swab di RS UMMI ini mencuat.

Pada kesempatan yang sama Rizieq juga menyampaikan sejumlah hal. Mulai dari kronologi positif COVID-19 yang dialaminya demi menggugurkan anggapan bahwa dirinya kabur dari rumah sakit, sampai mempertanyakan mengapa banyak kerumunan yang dilakukan tokoh-tokoh besar lain namun tidak ditangkap sepertinya.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts