Gibran 'Kebanjiran' Tamu Dari Petinggi Parpol, Ada Apa?
Twitter/PEMKOT_SOLO
Nasional

Pengamat politik Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin menilai kunjungan dari para petinggi parpol ke Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk kepentingan politik jangka panjang.

WowKeren - Para petinggi dari berbagai partai politik bergantian menemui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Pengamat politik Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin menilai hal ini untuk kepentingan politik jangka panjang.

"Untuk kepentingan politik jangka panjang masing-masing dari mereka," kata Ujang, Minggu (28/3). Ujang juga menilai bahwa parpol-parpol tersebut memiliki kepentingan terhadap Presiden Joko Widodo.

Gibran, kata Ujang, bisa menjadi jalan penghubung antara parpol tersebut dengan Jokowi. "Karena Gibran anak presiden, semua berkepentingan terhadap Jokowi tuk Pemilu 2024 dan Gibran itu menjadi jalan penghubung ke Jokowi," tuturnya. "Tuk merebut hati Jokowi, namun jalurnya via Gibran. Itu sah-sah saja secara politik."


Lebih lanjut, Ujang menyebutkan jika Jokowi tidak dapat kembali maju dalam Pilpres 2024. Namun, pada saat pelaksanaan pilpres Jokowi masih menjabat, sehingga hal ini lah yang membuat Gibran banyak di dekati.

"Kita tahu, Pilpres 2024 nanti Jokowi tak bisa maju lagi karena sudah 2 periode. Namun Jokowi ketika Pilpres dilaksanakan masih jadi penentu, karena masih jadi presiden (belum turun tahta)," pungkasnya. "Jadi pasti banyak yang akan mendekati Gibran dan itu politik biasa saja."

Sebelumnya, para petinggi partai yang bergantian menemui Gibran ada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin serta Politikus Partai Gelora Fahri Hamzah. Kemudian ada Sekjen Gerindra Ahmad Muzani yang juga menemui Gibran di rumah dinasnya di Loji Gandrung, Minggu (28/3) pagi.

Namun, Muzani dan Gibran menepis membahas Pilgub DKI Jakarta 2024 ketika ditanyai wartawan. "DKI 1 (Gubernur) 2024 masih lama, kami tadi membicarakan beberapa langkah beliau agar bisa menjadi Wali Kota yang berhasil seperti Pak Jokowi saat memimpin Kota Solo," kata Muzani seusai pertemuan dengan Gibran di Loji Gandrung, Solo, Minggu (28/3).

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts