Kunjungi Pengungsian Warga Akibat Kebakaran Kilang Minyak di Indramayu, Mensos Risma Puji Pertamina
Instagram/tri.rismaharini
Nasional

Kebakaran hebat atas kilang minyak milik Pertamina di Indramayu menyebabkan sejumlah rumah warga sekitar mengalami kerusakan hingga akhirnya dipindahkan ke tempat pengungsian. Mensos Risma lantas mengunjungi pengungsian itu pada Senin (29/3).

WowKeren - Sebelumnya, telah terjadi kebakaran hebat kilang minyak milik pertamina di Indramayu pada Senin (29/3). Peristiwa tersebut mendapat perhatian dari publik, mulai dari kalangan artis seperti Arie Untung, hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Mengetahui adanya kebakaran hebat yang terjadi di Indramayu, Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial (Mensos) berkunjung ke tempat pengungsian warga sekitar yang terkena dampak peristiwa tersebut. Risma mengapresiasi upaya penanganan Pertamina terhadap warga sekitar yang terkena dampak dari peristiwa kebakaran itu. Risma mengunjungi titik pengungsian yang berada di GOR Bumi Patra Balongan.

Dalam kunjungannya, Risma didampingi dengan Bupati Indramayu Nina Agustina dan Chief Executive Officer (CEO) Refining & Petrochemical Subholding Pertamina Djoko Priyono, serta Direktur Proyek Infrastruktur Suwahyanto. Risma menilai penanganan yang dilakukan oleh Pertamina sangat baik.

"Lokasi pengungsian cukup nyaman buat warga pengungsian, Pertamina juga akan menyediakan psikolog untuk trauma healing yang dialami oleh warga," ujar Risma, Senin (29/3).

Pada kunjungan tersebut, mantan wali kota Surabaya itu ingin memastikan kebutuhan dasar warga di tempat pengungsian tetap terpenuhi. Kepada warga setempat, Risma menyampaikan simpatinya serta menyerahkan bantuan logistik. Selain itu, ia juga menyampaikan pesan agar warga yang masih mengungsi bersabar dalam menghadapi cobaan.


Terkait dengan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat kebakaran hebat kilang minyak milik Pertamina, Risma menyatakan telah berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Indramayu dan pihak Pertamina. Koordinasi itu dilakukan untuk menindaklanjuti pengaduan, serta memastikan penanganannya hingga tuntas.

Risma memastikan warga akan mendapatkan bantuan untuk membenahi rumahnya yang rusak. Saat ini, Pemkab dan Pertamina sedang melakukan pendataan. "Sedang dilakukan dilakukan pendataan oleh Pemkab dan Pertamina, kita lihat nanti, warga pasti akan dibantu," terangnya.

Saat mendampingi Risma, Djoko Priyono menyampaikan jika Pertamina mengedepankan keselamatan warga di sekitar lokasi kejadian. Maka dari itu, pada saat kejadian, langkah awal yang dilakukan adalah memindahkan warga sekitar ke lokasi yang lebih aman.

"Saat ini warga yang terdampak kami ungsikan ke GOR Bumi Patra dan Lapangan Futsal yang lokasinya berdekatan," terang Djoko. "Harapannya, agar kondisi warga tetap terpantau dan kebutuhannya dapat segera dipenuhi."

Selain itu, Djoko juga menerangkan bahwa Pertamina selalu mengingatkan agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. Selama pengungsian, kebutuhan warga tetap terpenuhi seperti makanan, obat-obatan, serta keperluan mendesak lainnya.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait