Drop Out Semester Lima, Mahasiswi Penyerang Mabes Polri Terungkap Berideologi ISIS
Nasional

Kapolri Jenderal Kistyo Sigit Prabowo mengungkapkan sejumlah informasi terkait pelaku penyerangan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) yang berinisial ZA.

WowKeren - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) yang berlokasi Jakarta Selatan mendapat serangan dari seorang terduga teroris pada Rabu (31/3) sore ini. Kapolri Jenderal Kistyo Sigit Prabowo mengungkapkan sejumlah informasi terkait pelaku penyerangan yang berinisial ZA.

Melalui konferensi pers yang digelar, Kapolri menyebutkan bahwa ZA adalah mahasiswi berstatus drop out pada semester lima. Pelaku berusia 25 tahun dan tinggal di Lapangan Tembak, Ciracas, Jakarta Timur.

Saat melakukan aksinya, ZA dilaporkan membawa map kuning berisi sebuah amplop. Juga ditemukan bahwa pelaku baru membuka akun Instagram dan membuat postingan tentang jihad sekitar 21 jam lalu.

Kapolri lebih lanjut menjelaskan bahwa ZA adalah pelaku lone wolf yang memiliki ideologi Negara Islam Irak Suriah (ISIS). Istilah tersebut merujuk pada aksi teror di mana pelaku penyerangan melakukan aksinya seorang diri.


Listyo menyampaikan bahwa informasi tentang ZA didapatkan setelah melakukan profiling. "Dari hasil profiling terhadap dia maka yang bersangkutan itu adalah tersangka atau pelaku lone wolf," kata Listyo seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Selain profilling, ZA dipastikan berideologi ISIS setelah dilakukan pengecekan terhadap akun media sosialnya. Ada unggahan yang mendukung fakta tersebut tapi tidak diungkapkan apa tepatnya. "Ideolgi ISIS yang dibuktikan dengan postingan yang bersangkutan di sosmed," tutur Listyo.

Seperti dilaporkan sebelumnya, penyerangan terjadi di Mabes Polri pada Rabu (31/3) sore ini. Petugas diketahui langsung menembak mati terduga pelaku penyerangan tersebut.

Dalam video yang beredar di media sosial, tampak pelaku sempat menodongkan pistol sebelum akhirnya dilumpuhkan oleh petugas.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru