Desain Istana Negara Baru Dikritik, Joko Widodo Bakal Undang Kembali Para Ahli dan Arsitek
Instagram/jokowi
Nasional
Ibu Kota Baru Indonesia

Joko Widodo memberikan klarifikasi soal desain istana negara baru yang mendapat kritik tajam. Joko Widodo menyebut akan segera mengadakan pertemuan dengan para arsitek dan ahli.

WowKeren - Belakangan desain bangunan Istana Negara di IKN yang baru sempat viral di media sosial. Desain istana baru yang menyerupai burung garuda sedang mengembangkan sayapnya itu ramai diperbincangkan hingga menuai pro-kontra. Sejumlah asosiasi profesional di Indonesia bahkan membuat pernyataan sikap dan mengkritik rencana, rancangan sekaligus gambar IKN baru tersebut.

Presiden Joko Widodo pun akhirnya memberikan tanggapan dan klarifikasi soal desain Istana Negara baru yang memicu pro-kontra tersebut. Dalam salah satu postingan di akun Instagramnya, Joko Widodo menegaskan bahwa rancangan Istana Negara 'Garuda' tersebut masih berupa pradesain.

"Pradesain Istana Negara. Tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru," tulis Jokowi pada Jumat (2/4).


Pemilihan desain tersebut juga telah melihat berbagai aspek. Salah satunya nilai filosofi yang kuat soal lambang garuda sebagai pemersatu bangsa.

"Sejumlah usulan pun masuk. Salah satunya adalah pradesain Istana Negara karya seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta ini. Usulan beliau sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika," jelas Jokowi.

Sekali lagi Jokowi menegaskan bahwa rancangan tersebut masih berbentuk pradesain yang masih bisa diubah. Karena itu, Jokowi berharap ke depannya bisa mendapat masukan dan sarang dari masyarakat mengenai desain yang tepat.

"Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain. Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini. Saya menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa," ungkapnya.

Terakhir, Jokowi mengungkap rencana untuk kembali memanggil para ahli dan arsitek untuk mendiskusikan desain Istana Negara baru tersebut. "Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara," pungkasnya.

(wk/amel)

You can share this post!

Related Posts