Banten Bikin Kasus Meninggal COVID-19 RI Hari Ini Melonjak 427 Jiwa, Satgas Beri Klarifikasi
Fars News Agency/Behzad Alipour
Nasional

Selama ini angka kasus meninggal COVID-19 RI berada di kisaran 100-an. Namun terjadi lonjakan tajam hingga 427 pada Minggu (4/4) dengan 80 persen disumbang Banten.

WowKeren - Sudah setahun lebih berlalu sejak kasus perdana COVID-19 diumumkan oleh Pemerintah Indonesia. Namun selama rentang waktu tersebut wabah COVID-19 masih belum berhasil diatasi meski penambahan kasus positifnya dalam beberapa waktu terakhir cenderung mengalami penurunan.

Namun data COVID-19 Minggu (4/4) hari ini sudah selayaknya menjadi sorotan. Lebih tepatnya, aspek kasus meninggal COVID-19 RI hari ini sangat menyita perhatian karena melonjak sampai angka 427, jauh lebih tinggi dibandingkan data harian yang biasanya di kisaran 100-an.

Dengan tambahan angka tersebut, total 41.669 pasien COVID-19 meninggal dunia, dihitung sejak 1 Maret 2020. Dan ditelusuri lebih jauh, terungkaplah bahwa Provinsi Banten yang menyumbang data terbesar hingga 338 kasus meninggal.

Fenomena tak biasa ini jelas menjadi perhatian tersendiri. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Banten pun angkat bicara, apalagi karena data nasional mengungkap jumlah kasus positif yang dikonfirmasi di provinsi tersebut pada hari ini juga melesat tajam.


Juru Bicara Satgas COVID-19 Banten, Ati Pramudji Hastuti, menyatakan lonjakan jumlah kasus terjadi karena data lama baru diinput ke dalam sistem. Allhasil terjadi lonjakan signifikan terkait data COVID-19 di Provinsi Banten.

"Itu data lama di Banten baru terinput di aplikasi NAR (new all records) pusat dalam minggu ini. Seolah kasus di Banten naik signifikan deh," terang Ati lewat pesan singkatnya, Minggu (4/4).

Menurut Ati, selama ini data COVID-19 Banten belum sepenuhnya diinput oleh Satgas COVID-19 Nasional. Karena itulah terjadi perbedaan data antara pusat dan daerah yang perlahan-lahan tengah dibenahi.

"Oleh karenanya, sejak Selasa kemarin, pusat menyamai datanya dengan data yang di Banten," jelasnya. "Sehingga dalam 1 minggu ini seolah kasus di Banten naik signifikan, padahal itu kasus yang baru terinput."

Di sisi lain, terdapat tambahan 6.731 kasus positif COVID-19 pada Minggu sehingga total kumulatifnya 1.534.255. Namun terjadi penurunan jumlah kasus aktif sebanyak 3.359 menjadi 116.709. Sedangkan kasus sembuh COVID-19 hari ini juga meningkat bertambah 9.663 dengan total kumulatif 1.375.877.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru