Julian Jacob Soroti PP Royalti: Silahkan Putar Lagu Saya Sepuas Hati Tanpa Bayar
Instagram/julianjacs
Musik
Kontroversi PP Royalti

Peraturan Pemerintah (PP) tentang Royalti Hak Cipta akhirnya resmi disahkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Maret lalu. Reaksi pun datang dari para pegiat seni tarik suara termasuk Julian Jacob.

WowKeren - Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik belum lama ini diteken oleh Presiden Joko Widodo. Peraturan yang berkaitan dengan pembayaran royalti ini ditandatangani oleh Jokowi pada 30 Maret 2021 lalu. Ada salah satu ketentuan dalam PP ini menyebut bahwa setiap orang yang menggunakan lagu dan/atau musik secara komersial atau pun layanan publik wajib membayar royalti pemegang hak cipta.

Beragam reaksi pun bermunculan pasca peraturan tersebut diterbitkan. Anang Hermansyah sendiri menilai pemerintah mesti membuat aturan teknis yang merinci untuk bisa menetapkan PP tersebut. Suami Ashanty ini mengaku peraturan baru itu bisa membawa angin segar untuk dunia musik Indonesia.

Julian Jacob justru berbeda pendapat dengan ayah Aurel Hermansyah itu. Julian Jacob agaknya kurang setuju dengan penerapan PP Nomor 56 Tahun 2021 ini.

Cuitan Julian Jacob

Instagram

Julian Jacob malah merasa bangga saat lagunya banyak diputar di berbagai tempat publik. Pendapat tersebut diungkapkan oleh kekasih Brisia Jodie ini lewat cuitan akun Twitter-nya pada Selasa (6/4) kemarin.


"Untuk supermarket, hotel, toko kecil, warung, kuli bangunan yang lagi kerja, atau siapapun yang ingin puter lagu saya ditempat publik, dipersilahkan memutar sepuas hati tanpa perlu kasih royalti ke saya," tulis Julian Jacob. "Karna dengan itu saja saya merasa karya saya diapresiasi. thx."

Cuitan Julian Jacob tersebut lantas diunggah kembali oleh salah satu akun gosip di Instagram. Julian Jacob justru mendapat reaksi yang tidak terduga dari warganet.

Unggahan akun gosip tersebut terlihat dipenuhi komentar negatif untuk Julian Jacob. Hal tersebut lantaran banyak dari mereka yang kurang begitu mengenal lagu Julian Jacob. Kendati demikian, masih ada sejumlah warganet yang berkomentar positif seolah setuju dengan pendapat Julian Jacob.

"Emang lagunya dia apa," kata @mas*****. "Lagu dia aja gatau apa," komentar @rde*****. "Masalahnya lagu dia gak ada yg menarik & jarang pulak dipasang di public space. Wkwk!," tulis @rir*****.

"Tempat nongkrong juga sangat membantu mempromosikan hasil karya musisi kok," kata @yus*****. "Klo pn tk punya lguu itu dia kyanya lgi mengkritik.misal nya lo lgii dgang smbri mp3 an lo kna royalti dn hrus byar ke si empunya lguu.krena lo lgii dgang dngerin musik,itu mksud dia kli😂," komentar @bud*****. "Iyalah, lagu kan di ciptakan untuk di nyanyikan dan di dengarkan dan bisa di nikmati banyak orang yg menyukai nya,lagian Maruk bgt apa2 uang," tulis @awi*****.

(wk/Zahi)

You can share this post!

Related Posts