Bernilai Ratusan Miliar, Pencuri Lukisan Van Gogh dan Frans Hals Ditangkap di Belanda
Unsplash/niu niu
Dunia

Pihak kepolisian menyatakan bahwa pencarian lukisan yang dicuri tersebut terus berlanjut, namun penangkapan tersangka merupakan langkah penting dalam penyelidikan.

WowKeren - Polisi menangkap pria yang diduga telah mencuri lukisan karya Vincent van Gogh dan Frans Hals di Belanda. Sayangnya, lukisan yang dicuri masih belum bisa ditemukan.

Pria berusia 58 tahun tersebut ditangkap di kediamannya di pusat kota Baarn, Belanda. Pihak kepolisian menyatakan bahwa pencarian lukisan yang dicuri tersebut terus berlanjut, namun penangkapan tersangka merupakan langkah penting dalam penyelidikan.

"Dalam beberapa bulan, investigasi mendalam soal pencurian dua lukisan sudah dilakukan di bawah tanggung jawab kejaksaan," kata keterangan Kepolisian Belanda. "Penyelidikan ini menuntun pada penangkapan terduga pelaku berusia 58 tahun di kota Barn. Dia ditangkap di rumahnya pagi ini. Pria itu diduga mencuri lukisan."

Sebagai informasi, lukisan "Two Laughing Boys with a Mug of Beer" karya Frans Hals dicuri dari sebuah museum di Leerdam, selatan Utrecht, pada Agustus 2020 lalu. Lukisan tersebut diperkirakan memiliki nilai sekitar 15 juta euro atau setara Rp 258 miliar. Sebelumnya, lukisan tersebut juga sempat dicuri pada tahun 1988 dan 2011, namun kemudian dikembalikan.


Sementara itu, lukisan "Parsonage Garden at Nuenen in Spring" karya Van Gogh dicuri dari museum Singer di Laren yang lokasinya tak jauh dari Baarn pada Maret 2020 lalu. Lukisan itu dipinjam dari sebuah museum di kota utara Groningen dan diketahui memiliki nilai sekitar 6 juta euro atau setara Rp 103 miliar.

Kala itu, bangunan museum tempat lukisan Van Gogh dicuri ditutup karena situasi pandemi virus corona (COVID-19). Pencuri dilaporkan mendobrak dua pintu kaca dengan palu godam sebelum akhirnya membawa kabur kanvas tersebut.

Detektif seni Belanda, Arthur Brand, mengatakan kepada BBC bahwa pencurian seperti itu biasa terjadi. Mengingat sejumlah penjahat sempat membeli karya seni curian untuk menukarnya dengan hukuman penjara yang lebih pendek.

Brand juga menyatakan kepada surat kabar Algemeen Dagblad bahwa kecil kemungkinan tersangka mengetahui lokasi lukisan curian tersebut. Pasalnya, karya seni yang dicuri sering dipindahkan dengan cepat oleh geng-geng kriminal.

Pada awal tahun ini, program TV Belanda "Crime Desk" melaporkan bahwa karya Van Gogh telah dibeli oleh seorang tersangka dalam jaringan perdagangan kokain. Namun negosiasi untuk mengembalikan karya seni tersebut gagal.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts