Selebgram Keanu Agl Dikecam Tokoh Adat Melayu Gara-gara Busana Tak Sopan, Sudah Minta Maaf?
Instagram/keanuagl
Selebriti

Keanu Agl mendapat kritikan pedas dari masyarakat dan tokoh adat Melayu di Riau lantaran pakaiannya dinilai tidak tepat saat berkunjung ke kota Pekanbaru. Penampilan Keanu bahkan disebut merendahkan adat Melayu Riau.

WowKeren - Selebgram Keanu Angelo alias Keanu Agl mendapat kecaman dari tokoh adat Melayu karena penampilannya saat berkunjung ke Kota Pekanbaru, Riau, beberapa waktu lalu. Pasalnya, Keanu tampil menggunakan Tanjak Melayu dipadu dengan celana pendek atau hot pants.

Usut punya usut, kedatangan Keanu ke Pekanbaru untuk meresmikan salah satu bisnisnya bersama Fadil Jaidi. Dalam sebuah postingan di Instagram, Keanu terlihat tampil di sebuah acara mengenakan kaus berwarna kuning. Tanjak Melayu berwarna putih terpasang di kepala laki-laki bernama asli Muhammad Miftahul Huda itu.

Bukan baju dan tanjak yang jadi sorotan masyarakat, melainkan celana pendek Keanu yang dinilai merendahkan dan tak sesuai dengan penggunaannya hingga dinilai merendahkan adat Melayu Riau. Salah satu kritik disampaikan putra asli Riau yang merupakan dosen di Universitas Riau, Zulwisman.

"Peruntukan tanjak bukan hanya sebagai gaya saja. Tapi dipakai anak Melayu Riau untuk menunjukkan jati diri, anak Melayu cara berpakaian sesuai adat-istiadat dan ajaran agama, bukan seperti itu," ujar Zulwisman kepada awak media, Rabu (7/4).

Zul menilai tindakan Keanu sangat tidak tepat. Wajar jika masyarakat Riau marah melihat foto yang tersebar luas tersebut.


"Kita lihat secara adat dan kepatutan tidak tepat. Kecaman masyarakat itu saya nilai sudah tepat, apakah kesengajaan atau itu ketidaktahuan," imbuhnya. "Sebab, penggunaan tanjak harus sesuai tempat dan suasana."

Tak hanya mengecam Keanu, Zulwisman juga meminta panitia bertanggung jawab. Sebab, panitia dinilai lalai memberikan tanjak dengan orang yang penampilannya tidak tepat. Ia menuntut klarifikasi dan permintaan maaf dari yang bersangkutan.

"Saya lihat ada kelalaian panitia juga saat menyematkan tanjak itu kepada orang yang datang. Harus ada permintaan maaf dan klarifikasi panitia juga dan selebgram itu," katanya lagi.

Di akhir pernyataannya, Zul berharap kecaman terhadap Keanu harus menjadi pelajaran bagi Lembaga Adat Melayu dan masyarakat di Riau. Masyarakat harus tahu kapan tanjak boleh dan tidak boleh digunakan.

Keanu sendiri belum terlihat mengunggah apapun terkait hal ini di akun Instagramnya. Namun diketahui aksi Keanu ini sudah dimaafkan oleh masyarakat Melayu Riau. "Sempat ramai disana. Tapi udah dimaafkan...," isi caption postingan tersebut.

Dalam postingan itu pula, Keanu lantas ikut memberikan komentar. Ia bersyukur karena masalahnya tida sampai diperpanjang. "Alhamdulillah," tulis Keanu.

(wk/lara)

You can share this post!

Related Posts