Ramadan Sebentar Lagi, Ini 8 Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa
Pexels/Gabby K
Health

Menjaga tubuh tetap fit selama menjalankan ibadah puasa berkaitan erat dengan makanan yang kita konsumsi dan juga aktivitas penting lainnya termasuk istirahat cukup.

WowKeren - Menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit sangat penting dilakukan saat menjalankan ibadah puasa. Sebab, kita tidak bisa makan sebanyak tiga kali seperti biasa sehingga harus mengoptimalkan waktu sahur dan berbuka. Namun bukan berarti kamu harus makan berlebihan untuk mengganti waktu makan siang yang terlewat.

Makan berlebihan dan tidak tepat justru bisa memberikan dampak yang buruk pada tubuh. Makanan yang dikonsumsi, terutama saat sahur, sangat mempengaruhi kondisi tubuh selama berpuasa. Ada makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi dan ada pula yang sebaiknya harus dihindari karena bisa menyebabkan dehidrasi.

Pada intinya, menjaga tubuh tetap fit berkaitan erat dengan makanan yang kita konsumsi dan juga aktivitas penting lainnya termasuk istirahat cukup. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut!

(wk/zodi)

1. Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi


Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi
Unsplash/Adam Navarro

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi adalah hal yang sangat penting saat menjalankan ibadah puasa. Karena puasa tidak memungkinkanmu untuk minum di siang hari maka kamu harus mengoptimalkannya saat sahur. Minum air putih yang lebih banyak untuk memastikan tubuhmu tidak akan kekurangan cairan dari pagi hingga magrib tiba.

Sebaiknya kurangi atau hindari minum kopi selama sahur. Kafein pada kopi bersifat diuretik sehingga akan meningkatkan produksi urine, yang mana hal ini akan memperparah kondisi dehidrasi saat puasa.

2. Tidur yang Cukup


Tidur yang Cukup
Pexels/Andrea Piacquadio

Istirahat yang cukup mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Begitu juga saat berpuasa. Dengan mendapatkan tidur yang cukup maka tubuh akan mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Sebaliknya, kurang tidur akan membuat tubuh mudah lelah dan lesu sehingga hal ini akan memperparah kondisimu ketika menjalankan ibadah puasa. Untuk itu, hindari aktivitas begadang.

3. Jangan Malas Beraktivitas


Jangan Malas Beraktivitas
Pexels/Ketut Subiyanto

Jangan jadikan berpuasa sebagai alasan untuk kehilangan energi di siang hari. Melakukan aktivitas fisik sepanjang hari dapat membantumu menjaga massa otot. Tidak ada yang melarangmu berolahraga saat berpuasa namun tetap perhatikan jenis olahraganya.

Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat sehingga akan membuatmu cepat merasa haus. Lakukan yang ringan-ringan saja. Jika khawatir kamu akan dehidrasi, maka lakukan aktivitas olahraga di sore hari sehingga kamu bisa segera minum ketika masuk waktu berbuka.

4. Perhatikan Waktu Makan Saat Berbuka


Perhatikan Waktu Makan Saat Berbuka
Pexels/Ahmed Aqtai

Salah satu momen yang dinanti-nanti saat bulan puasa adalah aktivitas berbuka bersama. Biasanya aktivitas berbuka bersama, terutama yang dilakukan sambil reuni dengan teman lama, bisa memakan waktu lebih lama bahkan tak jarang hingga larut malam. Sebaiknya, pastikan kamu berhenti makan dalam waktu dua jam sebelum tidur.

Selain membantumu tidur lebih nyenyak, hal ini juga mampu menjaga kontrol gula darah yang lebih baik. Sebagai informasi tambahan, makanan berlemak juga bisa mengganggu tidur karena membutuhkan waktu lama untuk dicerna sehingga bisa menyebabkan gangguan lambung.

5. Hindari Makan Berlebihan


Hindari Makan Berlebihan
Unsplash/Helena Lopes

Saat berpuasa kamu memang telah berjuang untuk menahan lapar di siang hari. Namun, jangan jadikan ini alasan untuk makan berlebihan saat berbuka dengan berpikir bahwa kamu harus menggantikan asupan makanan "yang hilang" selama berpuasa. Makanlah dengan takaran normal untuk membantumu merasa nyaman.

Terlalu kenyang akan membuatmu sulit bergerak padahal kamu juga perlu menjalankan ibadah salat tarawih, bukan? Makan secukupnya dengan asupan gizi yang tepat juga bisa membantumu tidur lebih nyenyak.

6. Konsumsi Lebih Banyak Buah dan Sayuran


Konsumsi Lebih Banyak Buah dan Sayuran
Pexels/Elle Hughes

Meski berpuasa, asupan nutrisi tetap harus dijaga. Pastikan kamu mengonsumsi buah dan sayur, terutama saat sahur. Mengonsumsi buah yang mengandung lemak sehat seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang dilengkapi dengan protein bisa membuatmu merasa tetap kenyang dalam waktu yang lama.

Selain itu, sayur dan buah juga mengandung banyak air sehingga akan membuat tubuhmu terhidrasi dengan baik selama berpuasa. Saat sahur kamu bisa makan semangkuk sup sayuran dengan sepotong roti gandum yang diolesi mentega atau keju lalu tambah dengan segelas susu dan kurma.

7. Perbanyak Makan Serat Saat Sahur


Perbanyak Makan Serat Saat Sahur
Unsplash/Dan Gold

Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2010, para ilmuwan menyarankan agar orang yang menjalankan ibadah puasa mengurangi asupan karbohidrat dan lemak saat berbuka. Sebab makanan ini membutuhkan waktu lama untuk dicerna.

Sebaliknya, konsumsilah lebih banyak karbohidrat kompleks dan serat nabati saat sahur. Makan sereal gandum utuh kaya serat saat sahur terbukti tak hanya meningkatkan rasa kenyang namun juga meningkatkan kinerja usus, dan mengatur kadar lemak dalam darah selama puasa.

8. Kurangi Makanan Asin


Kurangi Makanan Asin
Unsplash/Joe Darams

Saat sahur, sebaiknya hindari makanan asin sebab makanan ini akan membuatmu terus merasa haus. Tidak menjadi masalah jika kamu tidak sedang berpuasa karena bisa minum setiap saat. Namun akan menyulitkanmu jika berpuasa, bukan? Saat sahur sebaiknya hindari makan makanan kalengan, ikan asin, atau junk food.

Begitu juga dengan makanan yang mengandung gula. Memang dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis, tetapi jangan sampai berlebihan sebab glukosa bisa memicu obesitas. Pilihlah kurma untuk berbuka yang mengandung glukosa, sukrosa, fruktosa, serat, kalium, potasium, dan vitamin A yang baik untuk tubuh.

Pada intinya, lakukan semuanya sesuai takaran, jangan berlebihan begitu juga dalam mengonsumsi gula. Kamu perlu waspada jika tubuhmu mulai menunjukkan tanda-tanda kelebihan gula. Selain tips-tips di atas, simak juga keutamaan berpuasa Ramadan terkait manfaatnya untuk menjaga kesehatan di artikel ini.

You can share this post!

Related Posts