Bagus untuk Kulit dan Rambut, Ini 8 Alasan Kamu Harus Mencoba Castor Oil Sekarang Juga
healthline.com
Lifestyle

Minyak yang diambil dari biji jarak memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit maupun rambut sehingga tak heran jika banyak dijumpai dalam produk kecantikan.

WowKeren - Mungkin tak sedikit yang beranggapan jika minyak jarak atau yang lazim disebut sebagai castor oil adalah bahan alami untuk merawat kecantikan yang digunakan hanya oleh orang-orang dari generasi terdahulu. Padahal, minyak jarak kini telah menjadi salah satu minyak kecantikan yang semakin populer.

Sama seperti minyak zaitun yang sudah tak diragukan lagi sejuta manfaatnya, minyak jarak juga berasal dari biji jarak. Minyak ini memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit maupun rambut sehingga tak heran jika minyak jarak banyak dijumpai dalam produk kecantikan.

Namun selain manfaatnya untuk kecantikan berkat kemampuannya yang mampu meresap ke kulit dan membuatnya lebih halus, minyak dari biji Ricinus communis ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Untuk mengetahui manfaat minyak jarak yang lainnya, yuk simak lebih lanjut!

(wk/zodi)

1. Menghidrasi dan Menenangkan Kulit


Menghidrasi dan Menenangkan Kulit
Piqsels

Gary Goldenberg, M.D., asisten profesor klinis dermatologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai di New York mengatakan jika asam risinoleat penting untuk mengurangi peradangan pada kulit akibat kekeringan. Asam ini bersifat anti-inflamasi sekaligus antibakteri serta antioksidan.

Untuk menjaga kelembapan kulit, ia menyarankan untuk mengoleskan minyak ini ke kulit sebelum tidur. Sedangkan opsi lainnya adalah dengan mencampurkannya bersama pelembap yang kamu gunakan sehari-hari sebelum digunakan. Kulit yang lembap dan ternutrisi dengan baik akan membuatnya tampak lebih muda dan bercahaya.

2. Pencahar Alami yang baik


Pencahar Alami yang baik
Unsplash/Giorgio Trovato

Dari segi kesehatan, minyak jarak ternyata juga berkhasiat sebagai pencahar alami. Minyak jarak mampu meningkatkan pergerakan otot sehingga akan mendorong sisa-sisa makanan melalui usus dan membersihkan saluran usus. Obat pencahar stimulan bekerja dengan cepat dan biasanya digunakan untuk meredakan sembelit sementara.

Satu penelitian menemukan bahwa ketika orang tua mengonsumsi minyak jarak, mereka mengalami penurunan gejala sembelit. Namun perlu diperhatikan karena meskipun minyak jarak dianggap aman dalam dosis kecil, jumlah yang lebih besar dapat menyebabkan kram perut, mual, muntah, dan diare sehingga tidak disarankan untuk pengobatan jangka panjang.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka


Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Pixabay

Minyak jarak akan menciptakan lingkungan yang lembap sehingga mencegah luka agar tidak mengering. Minyak jarak bekerja merangsang pertumbuhan jaringan sehingga hal ini akan membentuk penghalang antara luka dengan lingkungan.

Kondisi ini juga mencegah terjadinya infeksi. Karena mencegah kekeringan maka penumpukan sel mati yang bisa mengganggu proses penyembuhan luka bisa dihindari. Studi menunjukkan jika mereka yang lukanya diolesi minyak jarak lebih cepat sembuh daripada mereka yang menggunakan metode pengobatan lain.

4. Bersifat Anti-Inflamasi untuk Jerawat


Bersifat Anti-Inflamasi untuk Jerawat
Pixabay

Minyak jarak mengandung asam risinoleat yang memiliki sifat anti-inflamasi. Studi menunjukkan bahwa minyak jarak yang dioleskan mampu mengurangi peradangan dan rasa sakit. Manfaat ini sangat berguna bagi mereka yang menderita penyakit inflamasi seperti rheumatoid arthritis atau psoriasis.

Selain itu, inflamasi juga dianggap memperparah jerawat. Mengoleskan minyak jarak ke kulit dapat membantu mengurangi gejala terkait peradangan. Selain itu, minyak jarak juga bersifat anti-mikroba yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

5. Membuat Rambut Berkilau Sehat


Membuat Rambut Berkilau Sehat
Unsplash/Element5 Digital

Rambut kusam kerap dikeluhkan lantaran mampu mengganggu penampilan. Kini kamu bisa mengatakan selamat tinggal pada masalah itu berkat minyak jarak yang bisa membuatnya kembali berkilau. Namun, seorang ahli dermatologi asal California Cynthia Bailey, M.D menyarankan agar menggunakannya bersama minyak kelapa.

Sebab, jika hanya minyak jarak saja mungkin akan menyebabkan rambut kusut. Campurkan tiga sendok makan minyak kelapa dan minyak jarak lalu oles dan pijatkan ke kulit kepala. Tunggu selama beberapa jam lalu bilas.

6. Memperbaiki Rambut Rusak


Memperbaiki Rambut Rusak
vedix.com

Selain membuat rambut berkilau, minyak jarak juga bisa diandalkan untuk memperbaiki rambut rusak yang disebabkan karena produk perawatan yang kulit, pewarna rambut, dan polusi lingkungan. Goldenberg mengatakan minyak jarak bekerja dalam dua cara.

Pertama, minyak ini akan menghidrasi helai rambut dan folikelnya. Lalu bersama dengan sifat anti-inflamasinya, akan mengurangi peradangan di kulit kepala. Karena alasan ini, tak mengherankan jika castor oil sangat baik dijadikan sebagai masker alami rambut seminggu sekali.

7. Menghilangkan Ketombe


Menghilangkan Ketombe
firstderm.com

Ketombe biasanya disebabkan oleh peradangan di kulit kepala sehingga sifat anti-inflamasi dari minyak jarak bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya. Mengoleskan minyak jarak pada kulit kepala selain membuatnya lembap juga bisa mengobati iritasi serta mengurangi kulit bersisik. Aplikasikan minyak ini ke kulit kepala sebelum tidur dan membilasnya di pagi hari.

8. Mempercantik Kutikula dan Alis


Mempercantik Kutikula dan Alis
stocksnap.io

Minyak jarak juga bermanfaat untuk mempercantik kutikula dengan mencegahnya dari kekeringan dan pecah-pecah. Kutikula berfungsi melindung kuku sehingga penting menjaganya agar tetap sehat. Asam pada minyak ini bersifat menghidrasi secara alami sehingga baik dioleskan ke kutikula dan lipatan kuku.

Castor oil juga baik untuk memperbaiki tampilan alis, bagi kamu yang ingin membuatnya terlihat lebih tebal. Untuk mendapatkan manfaat ini, oleskan sedikit minyak jarak ke alis sebelum tidur, biarkan semalaman dan bilas saat bangun pagi.

Minyak alami memang memiliki manfaat yang menakjubkan baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Selain minyak jarak, simak juga manfaat minyak argan di artikel ini. Kamu juga bisa membaca artikel ini untuk mengetahui manfaat luar biasa teh hijau untuk kecantikan.

You can share this post!

Related Posts