BI Prediksi Kebutuhan Uang Kartal Di Sumut Saat Ramadan Akan Naik Hingga 2,6 Triliun
Pxhere
Nasional

Kebutuhan uang kartal setiap Ramadan dan Idul Fitri menunjukkan kenaikan di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Contohnya terjadi Provinsi Sumatra Utara (Sumut).

WowKeren - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara (KPw Sumut) memprediksi akan ada kenaikan kebutuhan uang kartal saat Ramadan dan Idul Fitri 2021. Kenaikan diperkirakan mencapai empat persen dari tahun sebelumnya.

Pada tahun 2020, kebutuhan uang kartal di Sumut sebesar Rp 2,5 triliun, sedangkan untuk 2021 diperkirakan akan mencapai sekitar Rp 2,6 triliun. "Kebutuhan (uang kartal) Rp 2,6 triliun itu naik empat persen dari penyerapan uang oleh masyarakat pada periode sama 2020 yang sebesar Rp 2,5 triliun," ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumut, Soekowardojo, Medan.

Soekowardojo mengatakan asumsi kenaikan kebutuhan uang saat Ramadan dan Idul Fitri tahun 2021 itu mengacu pada semakin bergeraknya perekonomian dibandingkan 2020. Menurutnya, penyerapan uang kartal saat Ramadan dan Idul Fitri 2020, mengalami penurunan hingga 92 persen akibat pandemi COVID-19.


"Karena perekonomian mulai bergerak, meski pandemi COVID-19 masih ada, BI meyakini akan ada kenaikan kebutuhan uang di tengah masyarakat pada Ramadan dan Idul Fitri 2021," tambahnya.

Soekowardojo menambahkan bahwa BI siap memenuhi kebutuhan uang masyarakat jika terjadi kenaikan lebih dari Rp 2,6 triliun. Meski demikian, ia menjelaskan layanan penukaran uang hanya dilakukan perbankan. Hal ini dikarenakan pandemi COVID-19 belum berakhir.

Soekowardojo mengatakan untuk tahun ini, tidak ada penukaran uang di titik-titik tertentu seperti sebelumnya. Oleh sebab itu, Soekowardojo menjelaskan bahwa seluruh perbankan sudah diminta untuk bersiap melayani penukaran uang baru, baik Uang Pecahan Kecil (UPK) atau sebaliknya (UPB). "Tidak ada layanan penukaran uang di titik-titik keramaian seperti yang biasanya dilakukan sebelum pandemi COVID-19," tutup Soekowardojo.

Sekadar informasi, saat ini uang pecahan Rp 75 ribu sudah beredar di Sumut sebanyak 480 ribuan bilyet. Pecahan uang Rp 75 ribu dikeluarkan untuk memperingati kemerdekaan RI ke 75 tahun kemarin. Sebanyak 3,6 juta lembar uang pecahan Rp 75 ribu diketahui sudah disalurkan ke masyarakat melalui tiga kantor perwakilan BI yakni Medan, Pematangsiantar dan Sibolga.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru