Sejumlah Pemimpin Dunia Berduka Atas Meninggalnya Pangeran Philip
PA
Dunia

Sejumlah pemimpin dunia telah mengeluarkan pernyataan duka mereka terhadap kabar meninggalnya Pangeran Philip. Pemimpin Australia hingga Belgia menjadi dua dari banyak negara yang telah menyampaikan dukanya.

WowKeren - Kabar duka tengah menyelimuti keluarga kerajaan Inggris. Duke of Edinburgh Pangeran Philip menghembuskan napas terakhirnya pada Jumat (9/4). Suami Ratu Elizabeth II itu meninggal dunia di usia 99 tahun.

Sejumlah pemimpin dunia pun turut berduka atas kepergian Pangeran Philip. Sederet pernyataan belasungkawa telah disampaikan oleh para pemimpin dunia.

Seperti Perdana Menteri Australia Scott Morrison yang memberikan pernyataan dukanya kepada keluarga kerajaan Inggris. Scott Morrison menyebut generasi hebat pada masa Pangeran Philip tak akan pernah ada lagi.

"Dia (Pangeran Philip) mewujudkan generasi yang tidak akan pernah kita lihat lagi," kata Perdana Menteri Australia Scott Morrison dalam sebuah pernyataan.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern juga memberikan pernyataan duka atas meninggalnya Pangeran Philip. Atas nama rakyat Selandia Baru, Jacinda Ardern menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada Ratu Elizabeth II dan seluruh anggota kerajaan Inggris. Ia juga telah meminta seluruh rakyatnya untuk menurunkan bendera menjadi setengah tiang sebagai penghormatan terakhir kepada Pangeran Philip.


"Pikiran kami bersama Yang Mulia Ratu pada saat yang sangat menyedihkan ini," ujar Jacinda Ardern. "Atas nama rakyat Selandia Baru dan Pemerintah, saya ingin menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada Yang Mulia dan kepada semua Keluarga Kerajaan."

Sementara itu, pemimpin Belgia Raja Philippe dikabarkan ingin sesegera mungkin menemui Ratu Elizabeth II untuk memberikan pernyataan dukanya secara langsung. Hal itu Raja Philippe rencanakan bila keadaan memungkinkan.

Perdana Menteri Malta Robert Abela juga membagikan pernyataan dukanya atas meninggalnya Pangeran Philip. Robert Abela mengaku sangat sedih mendengar kabar meninggalnya Pangeran Philip. Ia menyebut rakyat Malta akan selalu mengenang sosok Pangeran Philip.

"Benar-benar sedih atas kehilangan Pangeran Philip, yang menjadikan Malta sebagai rumahnya dan begitu sering datang ke sini. Rakyat kami akan selalu menghargai ingatannya," ujar Robert Abela.

Terakhir, terdapat Presiden Lithuania Gitanas Nauseda yang juga turut berduka atas meninggalnya Pangeran Philip. Ia berharap doa tulus darinya dapat menguatkan Ratu Elizabeth II dan rakyat Inggris.

"Di saat-saat kehilangan sosok besar ini, pikiran dan doa saya menyertai Ratu dan orang-orang di Inggris," ujar Presiden Gitanas Nauseda.

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel