Potret Tangisan Duka Masyarakat Inggris Pasca Kepergian Pangeran Philip
Dunia

Kepergian Pangeran Philip hanya berjarak dua bulan sebelum perayaan ulang tahunnya yang ke-100 pada 10 Juni mendatang. Masyarakat Inggris pun turut berduka.

WowKeren - Rasa duka mendalam dirasakan oleh keluarga Kerajaan Inggris. Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, mengembuskan napas terakhirnya pada Jumat (9/4) waktu setempat. Pangeran Philip diketahui meninggal dunia di usianya yang ke-99.

Kepergian Pangeran Philip hanya berjarak dua bulan sebelum perayaan ulang tahunnya yang ke-100 pada 10 Juni mendatang. Sebelumnya, kondisi kesehatan Pangeran Philip memang sudah menurun dan berulang kali keluar masuk rumah sakit.

Sekitar Februari lalu, Pangeran Philip sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit King Edward VII London karena merasa tak enak badan setelah bepergian. Namun pihak istana menyampaikan kalau mendiang hanya butuh istirahat.

Pangeran Philip sebelumnya juga pernah menjalani perawatan akibat infeksi dan menjalani bedah jantung pada Maret lalu. Duke of Edinburgh tersebut juga sempat terlibat kecelakaan saat mengemudikan mobil seorang diri beberapa waktu lalu.

Duka Masyarakat Inggris Pasca Pangeran Philip Meninggal Dunia

AP/GettyImages


Selain pihak istana, masyarakat Inggris pun turut berduka atas berita meninggalnya Pangeran Philip. Jutaan masyarakat langsung mengheningkan cipta usai mendapat berita duka itu.

Buket bunga membanjiri bagian luar Istana Buckingham. Sedangkan di area dalam Emirates Old Trafford tampak sebuah layar bergambar mendiang Pangeran Philip. Tak hanya orangtua, anak-anak kecil pun ikut mempersembahkan bunga untuk mendiang.

Duka Masyarakat Inggris Pasca Pangeran Philip Meninggal Dunia

Reuters

Pangeran Philip merupakan keturunan Denmark, Jerman, Rusia dan Inggris. Ayah Pangeran Philip, Pangeran Andrew merupakan putra bungsu Raja George I dari Yunani. Sedangkan ibunya, Putri Alice adalah putri Lord Louis Mountbatten dan cicit Ratu Victoria. Pangeran Philip adalah satu-satunya anak laki-laki.

Pangeran Philip dan Putri Elizabeth menikah lima tahun sebelum Putri Elizabeth menjadi ratu, yakni pada 20 November 1947. Pasangan ini memiliki empat anak, delapan cucu, dan 10 cicit. Anak Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II ialah Pangeran Charles (1948), Putri Anne (1950), Pangeran Andrew (1960), dan Pangeran Edward (1964).

Sementara itu, prosesi pemakaman Pangeran Philip kabarnya akan dilangsungkan di St George's Chapel, Windsor Castle. Masyarakat diminta untuk tidak mengikuti prosesi pemakaman guna menghentikan penyebaran virus Covid-19.

(wk/diah)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru