Harus Dihindari! 7 Kesalahan Makeup Ini Bisa Bikin Muka Jerawatan
snappygoat.com
Lifestyle

Salah satu masalah kulit yang umum dihadapi adalah jerawat yang selain mengganggu penampilan juga bisa membuat pemilihan produk skincare atau makeup menjadi lebih sulit.

WowKeren - Meski memiliki wajah cantik adalah dambaan setiap wanita, namun bukan hal yang mudah untuk memperolehnya. Selalu ada saja masalah kulit yang menyertai hingga membuat penampilan tidak maksimal yang pada akhirnya akan mengurangi rasa percaya diri.

Salah satu masalah kulit yang umum dihadapi adalah jerawat. Memiliki jerawat di kulit wajah selain mengganggu penampilan juga bisa membuat pemilihan produk skincare atau makeup menjadi lebih sulit. Pasalnya, kamu harus memastikan agar kandungan di dalamnya tidak semakin memperparah jerawatmu.

Penyebab jerawat pun beragam, tak hanya karena hormon namun bisa juga disebabkan karena kesalahan saat melakukan makeup. Oleh sebab itu, kamu harus menghindari kesalahan makeup yang bisa memicu jerawat. Seperti beberapa di antaranya sebagaimana dijelaskan di bawah ini.

(wk/zodi)

1. Merias Wajah Tanpa Mencuci Tangan Terlebih Dahulu


Merias Wajah Tanpa Mencuci Tangan Terlebih Dahulu
Pixabay

Meski sudah ada aplikator makeup, namun bagi sebagian orang mengaplikasikan langsung produk makeup dengan menggunakan jari tangan dianggap lebih nyaman. Memang tidak ada yang salah jika kamu mengaplikasikan makeup menggunakan jari. Kesalahan terjadi ketika kamu tidak memastikan kebersihan jari tanganmu sebelum mengaplikasikan makeup.

Jari tangan adalah bagian tubuh yang banyak menyentuh permukaan benda sehingga lebih mudah kotor. Jika jari kotor ini kamu gunakan untuk mengaplikasikan makeup maka kuman dan bakteri yang menempel bisa berpindah ke wajahmu sehingga menyebabkan jerawat.

2. Tidur dalam Keadaan Memakai Makeup


Tidur dalam Keadaan Memakai Makeup
Pixabay

Aktivitas seharian penuh yang super padat tentu membuatmu merasa lelah di malam hari sehingga ingin segera beristirahat. Padahal, sisa makeup dari siang masih menempel di wajah. Sisa makeup yang tidak dibersihkan sebelum tidur bisa menyumbat pori-pori kulitmu. Yang mana, kondisi ini akan memicu pada terbentuknya jerawat, apa lagi untuk kulit berminyak.

Selelah apapun kamu, paksalah tubuhmu untuk membersihkan makeup di wajah. Jika memang malas mencuci muka maka gunakan makeup remover yang bisa membersihkan makeup secara lebih praktis. Untuk mengetahui apa saja rekomendasi produknya, kamu bisa menyimaknya di artikel ini.

3. Memakai Produk Berbahan Minyak


Memakai Produk Berbahan Minyak
Pixnio

Jerawat memang bisa menyerang siapa saja, namun yang paling rentan adalah pemilik kulit berminyak. Permukaan kulit yang berminyak lebih mudah membuat debu atau kotoran tak kasat mata menempel. Begitu juga dengan kuman dan bakteri sehingga akan membuatnya terperangkap dalam pori-pori kulit.

Oleh sebab itu salah satu cara mencegah jerawat maupun agar tidak membuat jerawat bertambah banyak adalah dengan memperhatikan pemilihan produk makeup. Pastikan kamu menghindari kandungan minyak untuk mencegah agar kulit wajah tidak semakin berminyak.

4. Memencet Komedo untuk Mengeluarkannya


Memencet Komedo untuk Mengeluarkannya

Boleh dibilang, komedo adalah cikal bakal terbentuknya jerawat, meski tidak semuanya. Komedo terbentuk ketika ada kotoran yang terjebak dalam pori-pori kulit. Ketika kotoran, sel kulit mati, dan minyak menyumbat pori-pori kulit maka akan memunculkan komedo.

Tak jarang orang sulit menahan keinginan untuk tidak memencet komedo mereka. Padahal, memencet atau mengeluarkan komedo yang tidak dilakukan secara tepat bisa menyebabkan jerawat. Apa lagi jika dilakukan dengan tangan kosong, yang berpotensi besar membuat bakteri berpindah dari tangan ke wajah.

5. Malas Membersihkan Kuas Makeup


Malas Membersihkan Kuas Makeup
Pixabay

Mengaplikasikan produk makeup dengan menggunakan kuas memang lebih praktis. Namun, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan alat yang kamu pakai, ya. Kuas makeup yang dipakai terus-menerus bisa menjadi sarang bakteri. Ketika kuas makeup yang jarang dibersihkan kamu pakai untuk memberikan sapuan ke wajah, bakteri yang ada di permukaannya akan ikut menempel.

Bakteri ini bisa menyumbat pori-pori kulit yang jika didukung dengan minyak di wajah, maka tidak akan menunggu waktu lama hingga muncul jerawat baru. Untuk mengetahui rekomendasi kuas makeup yang berkualitas, kamu bisa mengeceknya di sini.

6. Salah Pilih Foundation


Salah Pilih Foundation
Pixabay

Jika kamu memiliki kulit berminyak atau yang mudah berjerawat, penting untuk memastikan produk yang kamu gunakan tidak mengandung bahan yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Cari yang berlabel "oil-free" atau "non-comedogenic" termasuk untuk pemilihan foundation.

Foundation adalah makeup yang sering digunakan sehingga penting untuk memastikan agar kamu memilih yang cocok untuk kulitmu. Hindari juga memakai foundation yang terlalu tebal karena akan semakin menyiksa kulit dan menyumbat pori-pori wajah. Pemakaian foundation yang tidak tepat pada wajah berjerawat juga berpotensi menyebabkan iritasi.

7. Tidak Memakai Pelembap


Tidak Memakai Pelembap
hellosehat.com

Pelembap adalah produk skincare yang sangat penting, baik untuk tubuh maupun wajah. Dengan adanya pelembap, maka kulit akan tetap terhidrasi sehingga jauh dari kondisi kering yang justru bisa memicu terbentuknya keriput dan garis halus. Namun ada kalanya pemilik kulit berminyak khawatir jika memakai pelembap akan membuat wajah mereka semakin berminyak.

Jangan salah, tidak memakai pelembap justru akan memicu wajahmu memproduksi minyak lebih banyak untuk membuatnya tetap lembap. Yang mana, kondisi ini tentu akan membuatmu mudah berjerawat, bukan?

Memilih pelembap memang gampang-gampang susah, apa lagi untuk kulit berminyak. Bagi kamu yang khawatir pelembap dengan kandungan minyak bisa menyebabkan jerawat, bisa memilih opsi pelembap lain yang menggunakan bahan dasar air. Untuk mengetahui rekomendasi produknya, kamu bisa menyimaknya di sini.

You can share this post!

Related Posts