Reza Rahadian Ungkap Tradisi Jelang Puasa di Tengah Keluarga yang Rata-Rata Beragama Nasrani
Instagram/officialpilarez
Selebriti
Ramadhan 2021

Sebelumnya, Reza Rahadian sempat mengungkapkan alasannya memutuskan untuk menjadi seorang mualaf dan menceritakan reaksi sang ibunda kala mendengar keputusannya tersebut.

WowKeren - Aktor Reza Rahadian mengungkapkan bahwa keluarganya mayoritas menganut kepercayaan Nasrani. Reza pun mengungkapkan tradisi menjelang bulan Ramadhan atau masa puasa di tengah perbedaan keyakinan tersebut.

"Keluarga saya rata-rata Nasrani," ungkap Reza kala ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. "Ibu saya Alhamdulillah masih hidup, keluarga besar saya juga masih ada."

Hal itu juga membuat aktor film "Habibie & Ainun" tersebut tak biasa berziarah ke makam kerabat menjelang bulan Ramadhan. "(Mengunjungi makam keluarga sebelum Ramadan) Enggak ada," kata Reza.

Menurut Reza, keluarganya kerap menyempatkan diri untuk berkumpul menjelang bulan Ramadhan. Namun demikian, kini tradisi tersebut sedikit berubah mengingat situasi pandemi virus corona (COVID- 19) yang masih melanda Indonesia.

"Justru ya biasanya ngumpul di rumah. Ya kalau sekarang ngumpul di rumah cukup dengan swab test. Udah pasti itu. Buat jaga-jaga aja," jelas Reza. "Sebelum puasa biasanya kita ngumpul."


Khusus untuk tahun ini, Reza mengaku akan menghabiskan masa puasanya di lokasi syuting proyek barunya. Oleh sebab itu, Reza baru akan bertemu dengan keluarga besarnya di Hari Raya Idul Fitri mendatang.

"Tapi puasa tahun ini kan saya syuting Layangan Putus," pungkas Reza. "Jadi ketemu keluarga ya pas Lebaran."

Di sisi lain, Reza sempat mengungkapkan alasannya memutuskan untuk mualaf. Diketahui, Reza sebelumnya dibesarkan sebagai seorang Nasrani. Mendiang Glenn Fredly bahkan merupakan guru sekolah minggu Reza.

Reza menyatakan bahwa keputusannya untuk memeluk agama Islam bukan karena pengaruh siapa pun, melainkan komunikasinya dengan Sang Pencipta. Reza juga menceritakan reaksi sang ibunda kala mendengar keinginannya untuk menjadi seorang Muslim.

Tanpa ada perdebatan dan pertengkaran, sang ibunda langsung mempersilakan Reza untuk menganut apa yang diyakininya. Setelah itu, Reza, sang ibunda, dan adiknya hidup berdampingan dengan bahagia menganut kepercayaan masing-masing.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts