Perdana Menteri Inggris Boris Johnson Pilih Tak Datang Ke Pemakaman Pangeran Philip, Kenapa?
Instagram/borisjohnsonuk
Dunia
Pangeran Philip Meninggal Dunia

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dikabarkan tak akan hadir dalam acara pemakaman Pangeran Philip. Lantas mengapa Boris Johnson tak hadir dalam pemakaman penting?

WowKeren - Duke of Edinburgh Pangeran Philip telah meninggal dunia di usia 99 tahun pada Jumat (9/4). Seluruh warga Inggris turut berduka atas perginya sosok hebat dan luar biasa tersebut. Perdana menteri Inggris Boris Johnson juga berduka atas meninggalnya Pangeran Philip.

Tak lama setelah kabar kematian Pangeran Philip diumumkan, Boris Johnson segera mengeluarkan pernyataan dukanya kepada seluruh anggota kerajaan Inggris. Boris Johnson langsung turun ke jalan dan membagikan pernyataan dukanya di hadapan seluruh rakyat Inggris. Bahkan Boris meminta seluruh rakyatnya untuk menurunkan bendera menjadi setengah tiang sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada Pangeran Philip.

Bila biasanya perdana menteri datang ke pemakaman anggota kerajaan Inggris yang telah meninggal, maka kali ini berbeda. Boris Johnson dikabarkan tak akan datang dalam pemakaman Pangeran Philip.


Boris Johnson secara sukarela menawarkan keputusan tersebut. Mengingat pandemi virus Covid-19 sedang tinggi, pihak kerajaan hanya mengizinkan 30 orang saja untuk menghadiri pemakaman Pangeran Philip.

Boris Johnson lantas merelakan kursinya untuk diisi anggota kerajaan Inggris yang sedang berduka. Boris Johnson juga ingin memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya bagi keluarga kerajaan Inggris untuk berkumpul dan bisa mengantarkan Pangeran Philip ke peristirahatan terakhirnya.

"Sebagai akibat dari peraturan virus corona, hanya 30 orang yang dapat menghadiri pemakaman HRH Pangeran Philip, Duke of Edinburgh," ujar sumber tersebut. "Perdana Menteri selama ini ingin bertindak sesuai dengan apa yang terbaik untuk Kerajaan, sehingga mengizinkan sebanyak mungkin anggota keluarga untuk datang dan ia tidak akan menghadiri pemakaman."

Sementara itu, pemakaman Pangeran Philip akan dilangsungkan pada Sabtu (17/4) mendatang. Kedelapan keluarga bangsawan rencananya akan dipastikan berada dalam upacara pemakaman tersebut. Kedelapan bangsawan tersebut yakni Pangeran William-Kate Middleton, Pangeran Edward dan sang istri, Sophie, Pangeran Charles-Camilla, Ratu Elizabeth II serta Princess Royal Anne.

(wk/Sisi)

You can share this post!

Related Posts