'Nomadland' Dominasi BAFTA Awards 2021, Chloe Zhao Cetak Sejarah Baru
Instagram/visionarywomen
Film

Selain untuk kategori Sutradara Terbaik, 'Nomadland' juga membawa pulang penghargaan untuk kategori Film Terbaik, Aktris Pemeran Utama Terbaik, dan Sinematografi Terbaik.

WowKeren - Chloe Zhao telah mencetak sejarah baru pada hari Minggu (11/4) di Ajang penghargaan British Academy Film Awards 2021 yang dipersembahkan oleh British Academy of Film and Television Arts (BAFTA). Film garapannya yang berjudul "Nomadland" telah berhasil membuatnya menyabet penghargaan sebagai sutradara terbaik selain kulit putih pertama di ajang bergengsi tersebut.

Adapun penghargaan itu bukan satu-satunya yang didapat "Nomadland". Selain untuk kategori Sutradara Terbaik, film tersebut juga berhasil membawa pulang penghargaan untuk kategori Film Terbaik, Aktris Pemeran Utama Terbaik, dan Sinematografi Terbaik. "Nomadland" berkisah mengenai seorang janda yang melakukan perjalanan ke wilayah Amerika Serikat bagian barat dengan menggunakan mobil van setelah kehilangan pekerjaannya selama resesi ekonomi.

Chloe adalah sutradara sekaligus penulis skenario kelahiran Tiongkok. Ia menjadi wanita kedua yang memenangkan penghargaan Sutradara Terbaik di BAFTA setelah Kathryn Bigelow, yang menerima penghargaan pada tahun 2010 untuk "The Hurt Locker". Chloe sendiri mendedikasikan kemenangan untuk kategori Film Terbaik kepada komunitas nomaden. Filmnya itu sendiri melibatkan para pemeran yang merupakan pengembara asli di dunia nyata.


"Mereka berbagi dengan kami mimpi mereka, perjuangan mereka dan kepekaan yang dalam tentang martabat," kata Chloe melalui sebuah video. "Terima kasih telah menunjukkan kepada kami bahwa penuaan adalah bagian indah dari hidup, sebuah perjalanan yang harus kita hargai dan rayakan. Cara kita memperlakukan orang yang lebih tua menunjukkan siapa kita sebenarnya di tengah masyarakat, dan kita perlu melakukan yang lebih baik."

Sementara itu, ajang penghargaan BAFTA 2021 sendiri digelar dalam dua hari, yakni Sabtu (10/4) dan Minggu (11/4). BAFTA tahun ini menampilkan jajaran nominasi yang jauh lebih beragam setelah British Academy of Film and Television Arts menghadapi reaksi negatif pada tahun 2020 usai hanya menominasikan artis kulit putih dalam kategori akting.

Chloe adalah salah satu dari empat pembuat film wanita yang dinominasikan untuk sutradara terbaik tahun ini, menandai yang terbanyak dalam satu tahun. Tahun lalu, tidak ada satu pun wanita yang dinominasikan dalam kategori tersebut.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts