Masjid Istiqlal Jakarta Gelar Salat Tarawih Terbatas, Kepala Protokol: Nggak Lama-Lama Pokoknya
Instagram/masjidistiqlal.official
Nasional
Ramadhan 2021

Pemerintah Indonesia telah memberikan izin untuk melakukan salat tarawih di luar rumah. Hal itu tentunya disambut baik oleh masyarakat, salah satunya pihak Masjid Istiqlal, Jakarta, yang akan kembali menggelar salat tarawih di Ramadan 2021.

WowKeren - Masjid Istiqlal, Jakarta akan menggelar salat tarawih terbatas pada Ramadan 2021. Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus COVID-19, mengingat Ramadan tahun ini masih berada di masa pandemi. Sebelumnya, pemerintah Indonesia telah mengizinkan untuk melakukan salat tarawih di luar rumah dengan ketentuan penerapan protokol kesehatan.

Abu Hurairah selaku Kepala Protokol Masjid Istiqlal mengatakan hanya akan ada sekitar dua ribu jemaah yang diperbolehkan mengikuti salat tarawih di masjid. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa bacaan salat tarawih akan dipersingkat dari segi bacaan ayat Al-Quran yakni yang akan dibacakan adalah surat pendek.

"Bacaan salat dipersingkat (surat pendek), nggak lama-lama pokoknya," terang Abu kepada Kumparan, Senin (12/4). "Tidak lama-lama tapi tidak mengurangi kesyahduan bacaan ya."


Kendati demikian, Abu mengungkapkan bahwa Masjid Istiqlal tidak mengikuti peraturan salat tarawih dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang mempersingkat rakaat salat tarawih menjadi sepuluh rakaat. Masjid Istiqlal akan tetap melaksanakan kegiatan salat tarawih dengan dua puluh tiga rakaat yakni dua puluh rakaat tarawih dan tiga rakaat witir.

Selain itu, Abu juga menerangkan ada sejumlah hal yang harus diterapkan jemaah saat melakukan salat tarawih di Masjid Istiqlal. Ketentuan tersebut di antaranya dengan membawa alat salat pribadi seperti sajadah dan mukena, lalu dilakukan pengecekan suhu tubuh.

"Suhu dicek sebelum masuk, diimbau jemaah wudu dari rumah, bawa sajadah atau alat salat dari rumah, kemudian bawa kantong plastik sendiri untuk sepatu dan sandalnya, ya," tutup Abu Hurairah. "Selebihnya, setelah selesai tarawih tidak ada lama-lama di masjid, langsung meninggalkan masjid, karena akan segera ditutup."

Pada Ramadan tahun 2020, Masjid Istiqlal tidak melaksanakan salat tarawih maupun kegiatan lainnya. Di tahun 2021, Masjid Istiqlal kembali mengadakan salat tarawih karena sudah ada izin dari pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan dan membatasi jumlah jemaah.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts