Dipantau di 86 Titik, Sidang Isbat Tetapkan 1 Ramadan 1442 H / 2021 Jatuh Esok Hari
Pixabay
Nasional
Ramadhan 2021

Pemerintah telah menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa (13/4) besok, sepakat dengan yang disampaikan NU dan Muhammadiyah beberapa saat sebelumnya.

WowKeren - Kementerian Agama menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Ramadan 1442 Hijriah di Indonesia. Dan serempak dengan 2 ormas Islam besar di Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, Kemenag mengumumkan 1 Ramadan 1442 H jatuh pada Selasa (13/4) besok.

"Kami menginformasikan, baru saja kita menyelenggarakan sidang isbat yang dihadiri oleh perwakilan dari ormas-ormas Islam dan Majelis Ulama Indonesia dan beberapa perwakilan dari negara-negara sahabat," tutur Menag Yaqut Cholil Qoumas, Senin (12/4). "Di sidang isbat tadi kami mendapatkan laporan sudah ada 13 orang di bawah sumpah yang menyaksikan bahwa hilal sudah dilihat."

"Sehingga keputusan dari sidang isbat, tanpa ada perbedaan, tanpa ada dissenting opinion, bersepakat kami menyatakan bahwa 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada tanggal 13 April 2021," imbuh Yaqut. "Jadi malam ini sudah bisa melaksanakan salat Tarawih, malam ini sudah mulai makan sahur. Setelah subuh kita nanti akan mulai menjalankan ibadah puasa."

Sidang isbat sendiri sudah digelar oleh Kemenag sejak Senin sore ini. Pada kesempatan tersebut hadir pula sejumlah perwakilan ormas melalui aplikasi daring, hingga beberapa perwakilan pemerintah bidang keagamaan di Gedung Kemenag.


Sekitar 30-40 menit sebelum Yaqut mengumumkan hasil sidang isbat, Tim Rukiyatul Hilal (Lembaga Falakiyah) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama juga mengungkap hasil pengamatan hilal awal Ramadan mereka. "Telah melakukan rukyatul-hilal bil fi'i di beberapa lokasi rukyat yang telah ditentukan dan telah berhasil melihat Hilal," demikian kutipan pernyataan NU dalam surat edaran resminya yang diunggah di Twitter resmi NU.

"Atas dasar rukyatul hilal tersebut dan sesuai dengan pendapat Al-Madzhahibul Arba'ah maka dengan ini Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengikhbarkan/memberitahukan bahwa," imbuh PP NU. "AWAL BULAN RAMADLAN 1442 H JATUH PADA HARI SELASA TANGGAL 13 APRIL 2021 M."

Beberapa waktu sebelumnya, PP Muhammadiyah juga sudah menetapkan 1 Ramadan 1442 H jatuh pada Selasa (13/4) besok. Penetapan ini disesuaikan dengan hasil hisab atau penghitungan dengan metode astronomi dan ilmu pengetahuan, berbeda dengan pengamatan hilal yang menjadi dasar sidang isbat hari ini.

Marhaban ya Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa untuk pembaca WowKeren yang menjalankan. Semoga dilancarkan dan selalu dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts