Puasa Dimulai Besok, Kemenkes Tegaskan Vaksinasi COVID-19 Tetap Digelar Siang-Malam
Twitter/KemenkesRI
Nasional
Vaksin COVID-19

Jubir Vaksinasi COVID-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyatakan vaksinasi akan digelar pada siang dan malam hari selama bulan Ramadan 2021. Begini penjelasannya.

WowKeren - Pemerintah resmi menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah pada Selasa (13/4) besok. Keputusan yang diambil lewat sidang isbat ini sepakat dengan yang diumumkan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama beberapa waktu sebelumnya.

Dengan ketetapan tersebut, sejumlah penyesuaian pun dilakukan termasuk proses vaksinasi COVID-19. Diketahui pula otoritas berwenang telah menetapkan vaksinasi tak membatalkan puasa. Dan kini, Kementerian Kesehatan juga mengumumkan bahwa vaksinasi digelar siang dan malam hari.

Hal ini seperti disampaikan Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. Dijelaskan Siti Nadia, vaksinasi COVID-19 selama bulan Ramadan akan dilaksanakan pada siang dan malam hari selama tidak mengganggu ibadah.

"Untuk vaksinasi malam hari, kami mendorong koordinasi yang dilakukan oleh para pengurus masjid bersama Puskesmas melalui RT, RW, Lurah, serta Kepala Desa setempat untuk menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan," kata Siti Nadia dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Senin (12/4). "Setelah pelaksanaan dari ibadah puasa di siang hari."


Pada kesempatan itu, Siti Nadia juga menegaskan tidak diperlukan persiapan khusus untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di bulan Ramadan. Hanya saja calon penerima vaksin harus menjaga kesehatan sebelum disuntik, seperti dengan istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi ketika sahur.

"Jangan lupa juga tetap mencukupi kebutuhan cairan," papar Siti Nadia. "Dengan minum dengan jumlah yang tentunya sudah ditentukan."

Lebih lanjut, Siti Nadia juga meminta masyarakat untuk tidak pilih-pilih jenis vaksin COVID-19 yang akan diterima. Sebab vaksin yang saat ini beredar, yakni Sinovac dan AstraZeneca, adalah vaksin terbaik, aman, dan bermanfaat yang telah terjamin pula dalam meningkatkan kekebalan tubuh melawan virus Corona.

"Sehingga kita tahu bahwa baik vaksin Sinovac atau vaksin Sinovac buatan Bio Farma, yaitu vaksin COVID-19," tutur Siti Nadia. "Serta vaksin AstraZeneca tetap bisa kita gunakan untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang ada ini."

Sebelumnya Kemenkes sendiri sudah menampung saran untuk mengadakan vaksinasi COVID-19 pada malam hari. Namun kala itu Kemenkes mengaku masih mengkaji usulan tersebut.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts