Jangan Salah Pilih, Ini 8 Camilan yang Baik dan Buruk untuk Dikonsumsi Sebelum Tidur
pexels.com/Andres Ayrton
Health

Memang tidak ada larangan ngemil di malam hari namun kamu harus tetap memperhatikan apa yang kamu makan. Beberapa makanan ada yang bisa membantumu tidur lebih pulas.

WowKeren - Rasa ingin ngemil tak hanya muncul di siang atau sore hari. Ada kalanya di waktu malam, ketika semua pekerjaan sudah selesai dan waktu makan malam sudah lewat, keinginan untuk ngemil kembali muncul sebelum tidur. Banyak yang berpikir jika ngemil sebelum jam tidur bisa menyebabkan berat badan bertambah.

Namun, harus dilihat lagi lebih dalam karena hal tersebut tidak berlaku untuk semua. Dengan kata lain, naik tidaknya berat badanmu tergantung pada apa yang kamu makan. Jika kamu ngemil di malam hari dengan makanan yang manis atau asin tentu saja tidak dianjurkan. Memang tidak ada larangan ngemil di malam hari namun harus tetap memperhatikan apa yang kamu makan. Berikut contoh makanan yang baik dan buruk untuk dikonsumsi sebelum tidur.

(wk/zodi)

1. Baik: Kacang Almond dan Kacang Kenari


Baik: Kacang Almond dan Kacang Kenari
pexels.com/Anthony Shkraba

Jika kamu merasa ingin ngemil di malam hari, cobalah untuk mengonsumsi camilan yang sehat. Opsi pertama yang bisa kamu ambil adalah kacang almond. Kacang yang satu ini menyimpan manfaat baik untuk tubuh. Kacang almond mengandung magnesium yang dapat mengurangi insomnia pada orang dewasa.

Selain magnesium, almond juga rupanya menawarkan melatonin yakni hormon alami tubuh yang berperan penting dalam mengatur pola tidur. Selain kacang almond, kamu juga bisa mencoba kacang kenari untuk mendapatkan manfaat yang sama. Namun, pastikan kacang yang kamu makan rendah kandungan natrium karena justru dapat mengganggu siklus tidur.

2. Buruk: Es Krim


Buruk: Es Krim
pixabay.com

Siapa yang tak suka es krim? Makanan manis dengan sensasi dingin di tenggorokan selalu bisa memperbaiki mood yang suram. Terlebih lagi, ada banyak pilihan rasa favorit yang bisa dipilih sesuai selera. Sesekali menikmati es krim di tengah hari yang terik memang tak ada salahnya.

Namun ingat, es krim biasanya mengandung lemak jenuh yang tinggi serta gula tambahan. Jika dikonsumsi di malam hari, kandungan gula pada es krim mampu meningkatkan kadar gula dalam darah yang akan membuatmu sulit untuk tidur lelap. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut tanda jika tubuh kelebihan gula, bisa menyimaknya di artikel ini, ya.

3. Baik: Sereal Rendah Gula dan Susu Rendah Lemak


Baik: Sereal Rendah Gula dan Susu Rendah Lemak
pixabay.com

Siapa bilang sereal hanya bagus untuk dikonsumsi saat malam hari. Sereal juga bisa lho kamu jadikan alternatif camilan sebelum tidur, namun ingat, kamu juga harus memastikan bahwa sereal yang kamu makan adalah yang rendah gula. Begitu juga dengan susunya, pilih yang rendah lemak.

Ahli diet sekaligus manajer Wellness Nutrition Services di Cleveland Clinic Wellness and Preventive Medicine di Ohio Kristin Kirkpatrick, RD, mengatakan jika susu rendah lemak mengandung asam triptofan. Asam amino ini menghasilkan serotonin dalam tubuh yang akan diubah menjadi melatonin.

4. Buruk: Cokelat


Buruk: Cokelat
pixabay.com

Tak dipungkiri jika cokelat adalah camilan sejuta umat yang kaya manfaat. Namun, perlu diperhatikan pola konsumsinya. Terlebih lagi cokelat susu batangan maupun es krim cokelat yang tinggi gula, tentu bukan pilihan yang bijak untuk memilihnya sebagai camilan sebelum tidur.

Mungkin kamu berpikir jika dark chocolate adalah pilihan yang aman karena biasanya lebih rendah gula daripada cokelat susu. Jangan salah, cokelat juga merupakan sumber kafein yang bisa mengganggu pola tidur tubuh sepanjang malam. Semakin tinggi persentase kakao padatnya, maka akan semakin tinggi pula kandungan kefein di dalamnya.

5. Baik: Yoghurt


Baik: Yoghurt
pixabay.com

Produk olahan susu juga bisa menjadi opsi yang baik untuk camilan sebelum tidur. Seperti misalkan yoghurt. Yoghurt mengandung melatonin sehingga bisa meningkatkan efisiensi tidurmu di malam hari. Selain itu, yoghurt juga kaya akan kalsium yang baik untuk tulang. Nah, agar tak salah beli sebaiknya kamu menyimak macam-macam jenis yoghurt berdasarkan bahan pembuatya di sini, ya.

6. Buruk: Keripik Kentang


Buruk:  Keripik Kentang
pixabay.com

Boleh dibilang, keripik kentang adalah camilan sejuta umat. Keripik kentang kemasan banyak dijual di pasaran dengan berbagai varian rasa. Namun, sebaiknya camilan ini tidak dinikmati di malam hari sebelum tidur. Sebab biasanya, camilan keripik kentang mengandung lemak yang tinggi.

Keripik kentang memiliki banyak kalori dan lemak jenuh. Selain itu pada umumnya keripik kentang juga dikemas dengan tambahan gula untuk menunjang rasanya. Yang mana, rasa asin ini bisa membuat seseorang terus merasa lapar sehingga ingin makan lagi dan lagi.

7. Baik: Jus Buah Ceri


Baik: Jus Buah Ceri
pixabay.com

Mengonsumsi jus buah ceri tart sebelum tidur bisa mendatangkan manfaat menyehatkan untuk tubuh. Hal ini tak lepas dari manfaat buah ceri yang mengandung melatonin, hormon kunci untuk mengatur tidur. Makan ceri atau jus segar meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh.

Jika kadar melatonin dalam tubuh meningkat maka hal ini akan mendukungmu untuk lebih mudah terlelap. Untuk manfaat maksimal, buat jus buah ceri yang rendah gula. Studi menunjukkan jika orang dewasa yang minum 8 ons jus ceri tart pekat dua kali sehari selama seminggu mencetak skor lebih banyak dalam hal waktu dan kualitas tidur.

8. Buruk: Makanan yang Digoreng


Buruk: Makanan yang Digoreng
pixabay.com

Selain keripik kentang, kamu sebaiknya juga menghindari makanan yang digoreng untuk camilan di malam hari. Makanan yang digoreng mengandung lemak yang tinggi sedangkan lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, dibanding dengan karbohidrat dan protein.

Tak hanya itu, makanan berlemak juga bisa menyebabkan perut mulas dan rasa tidak nyaman. Jika sudah begini tentu kamu justru akan merasa sulit untuk tidur pulas sehingga mengganggu kualitas tidurmu, bukan? Alih-alih gorengan lebih baik kamu memilih makanan lain yang mengandung melatonin sehingga membantumu tidur lebih nyenyak.

You can share this post!

Related Posts