Tanggapi Peringatan BMKG, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Siapkan Kesiagaan Masyarakat
Instagram/ganjar_pranowo
Nasional

Siklon tropis Seroja yang saat ini sedang melanda Indonesia menyebabkan sejumlah wilayah terkena dampaknya. BMKG telah memperingatkan sejumlah daerah yang bisa terdampak, salah satunya Jawa Tengah.

WowKeren - Indonesia saat ini sedang dilanda siklon tropis Seroja. Dampak dari siklon tropis Seroja ini mengakibatkan sejumlah wilayah di Indonesia terkena bencana alam seperti banjir bandang NTT dan gempa bumi Malang.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa siklon tropis Seroja mulai melemah. Meski demikian, pihak BMKG mengingatkan bahwa siklon itu kini bergerak ke arah barat daya, sehingga bisa berdampak ke wilayah NTB hingga Jawa Tengah.

Mengetahui adanya peringatan tersebut, Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah melakukan simulasi bencana alam di salah satu desa Kabupaten Kebumen. Hal itu dilakukan Ganjar dengan tujuan untuk mempersiapkan kesiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam nantinya.

"Jadi kita mendapatkan peringatan dari BMKG terkait kondisi cuaca, kemarin terjadi siklon tropis di NTT, dan akan berdampak ke daerah lain, salah satunya yang mendapat peringatan itu Jawa Tengah, khususnya di wilayah selatan," ujar Ganjar saat hadiri simulasi bencana.


Ganjar juga menyebutkan bahwa semua kekuatan disiagakan, masyarakat dilatih agar sewaktu-waktu terjadi bencana alam bisa menyelamatkan diri. Ganjar menambahkan kegiatan simulasi bencana alam tersebut sebagai salah satu bentuk ikhtiar untuk menekan angka korban.

"Semua kekuatan kita siagakan, masyarakat kita latih agar jika sewaktu-waktu terjadi bencana, semua bisa menyelamatkan diri," tulis Ganjar di laman Instagram pribadinya, @ganjar_pranowo, Senin (12/4). "Ini adalah ikhtiar menekan sesedikit mungkin jatuhnya korban."

Ganjar berharap dengan adanya simulasi bencana itu dapat membuka kesadaran dan menyelamatkan seluruh masyarakat Jawa Tengah. "Semoga mitigasi awal terhadap ancaman siklon tropis Seroja dan Odette ini membuka kesadaran dan menyelamatkan kita semua," tambah Ganjar.

Sementara itu, dalam pelaksanaan simulasi bencana alam, tampak sesekali Ganjar bercanda dengan warga dan anak-anak. "Kamu kenapa dek? oh mau dikhitan, sini sini pisaunya mana?" gurau Ganjar kepada salah satu anak yang mengikuti simulasi tersebut.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts