Jakarta Masuk Daftar 25 Kota Termahal Dunia, Kalahkan Sao Paulo hingga Vancouver
Unsplash/ Muhammad Ravel
Nasional

Empat dari lima kota termahal di dunia berada di benua Asia. Shanghai (Tiongkok) naik ke peringkat satu dan dinobatkan sebagai sebagai tempat termahal untuk kalangan crazy rich.

WowKeren - Bank Julius Baer telah merilis daftar kota yang paling mahal di dunia dalam Global Wealth and Lifestyle Report 2021. Ibu kota Indonesia, Jakarta, rupanya masuk dalam 25 besar kota termahal di dunia.

Jakarta menjadi kota termahal ke-20 di seluruh dunia. Peringkat Jakarta ini bahkan di atas Sao Paulo (Brasil), Mumbai (India), Mexico City (Meksiko), Vancouver (Kanada), dan Johannesburg (Afrika Selatan).

Adapun peringkat tersebut didasarkan pada harga barang mewah yang mewakili pembelian discretionary oleh individu berpenghasilan tinggi dan sangat tinggi (HNWI) di 25 kota global. Adapun HNWI di sini adalah individu yang memiliki aset senilai 1 juta dolar atau lebih yang dapat diinvestasikan.

Sementara itu, empat dari lima kota termahal di dunia berada di benua Asia. Shanghai (Tiongkok) naik ke peringkat satu dan dinobatkan sebagai sebagai tempat termahal untuk kalangan crazy rich.


Sedangkan Hong Kong yang tahun lalu berada di posisi pertama merosot ke posisi ketiga tahun ini. Tokyo (Jepang) masih tetap stabil di posisi kedua. Lalu di posisi keempat ada Monaco, dan peringkat kelima ditempati oleh Taipei (Taiwan).

Berdasarkan laporan tersebut, Asia menjadi tempat termahal di dunia untuk kalangan crazy rich. "COVID tidak menjadi epidemi (di Asia) dengan cara yang sama seperti negara lain dalam indeks," jelas Kepala Pasar dan Solusi Manajemen Kekayaan untuk kawasan Asia-Pasifik di Bank Julius Baer, Rajesh Manwani, dilansir CNBC, Selasa (13/4).

Di bawah Asia, ada Eropa dan Timur Tengah. Mayoritas kota yang mewakili kawasan tersebut didukung oleh kekuatan euro dan franc Swiss. Sedangkan Amerika menjadi kawasan termurah untuk menjalani gaya hidup mewah, karena dolar AS dan Kanada jatuh terhadap mata uang global utama lainnya.

Sementara itu, pandemi COVID-19 membuat Bank Julius Baer harus mengganti beberapa item penelitian tersebut. Pelatih pribadi, jamuan pernikahan, botox, dan piano dikeluarkan dari daftar dan diganti dengan sepeda, treadmill, asuransi kesehatan, dan paket teknologi, termasuk laptop dan telepon.

"Selama setahun lockdown global, teknologi pribadi dan treadmill melonjak popularitasnya, sementara harga sepatu wanita anjlok," demikian kutipan laporan tersebut. "Ke depan, kami pikir semua item ini akan terus mendapat tempat di dalam daftar."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait