Asosiasi Dokter Jepang Ingatkan Akan Sangat Sulit Jika Olimpiade Tokyo Nekat Digelar
olympic.org
Dunia

Kelompok dokter di Jepang memperingatkan menggelar Olimpiade akan sangat sulit mengingat lonjakan kasus COVID-19 masih terjadi di seluruh wilayah Jepang.

WowKeren - Gelaran Olimpiade Tokyo yang sejatinya digelar tahun 2020 lalu harus mundur jauh lantaran demi mencegah penularan virus COVID-19. Acara olahraga bergengsi itu rencananya akan digelar musim panas tahun ini.

Namun, kelompok dokter di Jepang memperingatkan bahwa menggelar Olimpiade akan sangat sulit. Bukan tanpa alasan, hal ini berkaitan dengan kondisi di mana lonjakan kasus COVID-19 masih terjadi di seluruh wilayah Jepang.

Adalah Haruo Ozaki, Kepala Asosiasi Medis Tokyo, yang membunyikan alarm tersebut seiring dengan terus meningkatnya kasus COVID-19 harian di Jepang yang berhasil memicu pembatasan baru tak hanya di Tokyo namun juga wilayah Negeri Sakura yang lainnya.

Berangkat dari fenomena ini, Ozaki khawatir infeksi bisa menyebar lebih jauh. Menggelar Olimpiade akan akan sangat sulit mengingat akan ada banyak atlet yang datang dari negara-negara lain. Bahkan akan tetap sulit meskipun Olimpiade digelar tanpa penonton.


"Jika infeksi menyebar lebih jauh, pada kenyataannya akan sulit menyelenggarakan Olimpiade seperti biasa dengan atlet yang datang dari berbagai negara," kata dia melalui konferensi pers, Selasa (13/4). "Bahkan jika Olimpiade diadakan tanpa penonton."

Baru-baru ini melalui akun Facebook miliknya, Ozaki terharu dengan keberhasilan perenang Jepang Rikako Ikee dan pegolf Hideki Matsuyama yang menurutnya telah menginspirasi. Namun tetap saja, menggelar Olimpiade bukan hal yang mudah.

"Saya tidak bisa menahan air mata menyaksikan penampilan hebat Ikee dan Matsuyama. Saya juga ingin menyaksikan penampilan hebat mereka di Olimpiade," tulisnya. "Tapi, dari posisi saya sebagai kepala pekerja medis, saya harus mengatakan bahwa menyelenggarakan Olimpiade itu sangat sulit."

Seperti diketahui, meningkatnya kasus COVID-19 di Jepang dan luar negeri memicu kekhawatiran tentang apakah Olimpiade dapat, atau harus, dilanjutkan. Jika memang akan tetap diselenggarakan, Ozaki meminta pihak penyelenggara untuk bisa "menunjukkan langkah-langkah konkret tentang bagaimana mereka dapat mencegah penyebaran infeksi di dalam dan luar negeri".

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru