Indonesia Siap Sambut Turis Asing Mulai April 2021 Lewat Travel Bubble 3B: Bali, Bintan, Batam
CEphoto/Uwe Aranas
Nasional
Efek Corona untuk Pariwisata

Pemerintah mempersiapkan Bintan dan Batam untuk menyambut turis asing mulai 21 April 2021. Sedangkan wisatawan asing siap masuk ke Bali pada Juli 2021 mendatang.

WowKeren - Sektor pariwisata dibuat babak belur oleh pandemi COVID-19. Dan sebagai salah satu yang cukup terdampak karenanya, Indonesia pun tengah berusaha memulihkan kembali sektor pariwisata melalui berbagai upaya.

Yang cukup tak disangka, pemerintah ternyata benar-benar siap menyambut para wisatawan, termasuk yang berasal dari mancanegara. Program yang disiapkan pemerintah adalah Travel Corridor Agreement alias travel bubble di Bali, Batam, dan Bintan (3B).

Harapannya, pembukaan perbatasan di ketiga daerah itu menjadi pilot project pembukaan kembali pintu untuk wisatawan asing ke wilayah Indonesia meski masih wabah COVID-19. Lantas bagaimana persiapan Indonesia untuk travel bubble 3B ini?

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, R Kurleni Ukar menyatakan persiapan travel bubble melibatkan banyak pihak termasuk pemerintah pusat, daerah, dan stakeholder lain. "Menjelang penerapan TCA di 3B tersebut kami memonitor dan mengevaluasi setiap waktu," jelasnya, Selasa (13/4).


Adalah Nongsa di Batam dan Lagoi di Bintan yang dipersiapkan untuk menyambut kedatangan wisatawan asing ini. Sedangkan di Bali, beberapa wilayah yang disiapkan meliputi Ubud, Sanur, dan Nusa Dua.

Karena itulah Kurleni meminta kelompok-kelompok kerja untuk rutin mengabarkan perkembangan terkini. "Untuk Bali monitoring kami lakukan dua pekan sekali. Batam-Bintan satu pekan sekali," kata Kurleni, dikutip dari Tempo Travel, Jumat (16/4).

Namun faktor penting yang tengah dikebut oleh pemerintah terkait pembukaan travel bubble ini adalah dengan vaksinasi. Pemerintah diketahui mengakselerasi vaksinasi COVID-19 di wilayah 3B, bukan hanya untuk pelaku parekraf tetapi juga masyarakat sekitar.

"Sertifikasi CHSE juga akan terus dilakukan di 3B, baik pada usaha pariwisata, produk, dan destinasinya," tutur Kurleni. "Semua sedang kita siapkan bersama, kementerian dan lembaga, pemerintah daerah dan industri terkait."

Untuk Bintan dan Batam sendiri diusahakan untuk mulai menerima turis asing per 21 April 2021 mendatang. Sedangkan Bali tengah dipersiapkan untuk penyambutan wisatawan asing pada Juli 2021.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts