Direktur Agensi K-Pop Beberkan Alasan Kesuksesan Besar BTS
Twitter/bts_bighit
Musik

BTS telah lama dikenal karena kisah sukses underdognya. Pada 2013 ketika grup itu debut, grup dari tiga agensi besar (JYP, SM, dan YG Entertainment) menjadi yang paling sukses.

WowKeren - Dari penampilan hingga kepribadian mereka, ada begitu banyak hal yang disukai BTS (Bangtan Boys). Tetapi jika harus memastikan kesuksesan global grup yang luar biasa hanya pada satu faktor kunci, apakah itu? Direktur agensi K-Pop Yoon Seon Mi dan Yoon Ho Joon berbagi pendapat mereka tentang alasan utama mengapa BTS berhasil.

Saat ini, Yoon Seon Mi dan Yoon Ho Joon adalah direktur bisnis di FirstOne Entertainment, agensi yang didirikan tahun 2019 di belakang solois seperti Kisum dan grup 1st.One yang berbasis di Filipina. Sebelum itu, mereka bekerja di JYP Entertainment selama beberapa tahun, me-manage artis seperti Wonder Girls, 2PM, dan miss A.

BTS telah lama dikenal karena kisah sukses underdognya. Pada 2013 ketika grup itu debut, grup dari tiga agensi besar (JYP Entertainment, SM Entertainment, dan YG Entertainment) menjadi yang paling sukses. Karena itu, cara mereka bangkit dari agensi kecil seperti Big Hit Entertainment (sekarang dikenal sebagai HYBE) selalu menjadi keajaiban. Tapi bagaimana mereka melakukannya?

Dalam video "Comment Defenders" baru dengan AYO di YouTube, Yoon Seon Mi dan Yoon Ho Joon berbagi pendapat ahli tentang faktor nomor satu yang membuat BTS sukses besar. "Saat BTS pertama kali debut," Yoon Ho Joon menjelaskan, "Mereka tidak sering tampil di TV."

Kembali ke era rookie BTS, cara utama untuk mempromosikan album adalah tampil di acara musik seperti "M Countdown" dan "Music Bank". Namun, Yoon Ho Joon mengatakan bahwa stasiun TV saat itu tidak ingin grup tak dikenal seperti BTS tampil.


"Mereka harus tampil di acara musik, tetapi stasiun TV tidak menginginkannya," kata Yoon Ho Joon. Faktanya, seperti yang diketahui oleh banyak ARMY veteran, satu-satunya cara BTS dapat mencetak slot panggung pertunjukan musik pertamanya adalah karena grup lain keluar pada menit terakhir.

Karena itu, Yoon Ho Joon mengatakan BTS harus memilih bentuk media baru untuk mempromosikan diri mereka sendiri. Yoon Seon Mi memperluas maksudnya, menjelaskan bahwa di pendatang baru BTS adalah, "Berkomunikasi melalui media sosial itu tidak umum." Saat ini, sebagian besar grup memiliki akun Twitter atau Instagram sendiri di mana mereka dapat berbicara dengan penggemar, tetapi itu adalah perkembangan yang cukup baru.

Namun, itu tidak menghentikan BTS. Akun Twitter pertama grup dibuka sejak Desember 2012, bahkan sebelum mereka memulai debut. Sejak saat itu, para anggota terus berkomunikasi dengan penggemar melalui media sosial, tidak hanya dalam bahasa Korea tetapi juga dalam bahasa Inggris.

"Menyusul pergantian media, (BTS berkomunikasi di media sosial) untuk pertama kalinya,"ujar Yoon Seon Mi. Menurut pendapat Yoon Ho Joon dan Yoon Seon Mi, komunikasi yang penuh semangat dan berdedikasi dengan penggemar inilah yang memberikan kontribusi terbesar bagi kesuksesan BTS.

Yoon Seon Mi melanjutkan dengan berkata, "Aku memiliki pendapat yang tinggi tentang mereka karena menyerap tren paling cepat dan mewujudkannya." Selain itu, sutradara menjelaskan kepribadian dan konsep BTS "sangat cocok dengan lingkungan" yang mendorong mereka menjadi bintang.



(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru