Rizki DA Dikira 'Contek' Zaskia Sungkar, Filosofi Dibalik Nama Bayi Islami Terkuak
Instagram/nadyamustikarahayu
Selebriti

Diambil dari bahasa Arab dan mengandung unsur Islami, terkuak detil nama bayi Rizki DA, Baihaqqi Syaki Ramadhan, yang ternyata memiliki filosofi bijak serta penuh makna.

WowKeren - Banyak pihak kerap menganggap nama bayi Rizki Syafaruddin dan Zaskia Sungkar ada kemiripan. Jika Rizki menamai bayinya, Syaki, sedangkan Zaskia menamai putranya Syahki yang merupakan singkatan dari namanya dan Irwansyah.

Bukan cuma sekedar mirip, nama putra Rizki dan anak Zaskia juga syarat makna. Sama-sama bernama Islami, terkuak filosofi dari nama dua bayi tampan itu.

Lewat Instagram, Rizki sudah pernah membeberkan harapan terkait nama sang putra. "Nama: Baihaqqi Syaki Ramadhan Yg insyaAllah bisa menjadi imam prawi hadist dan memberikan curahan kemaslahatan untuk keluarga dan orang lain yg bertepatan dibulan Suci Ramadhan ini," ujarnya.

Jika dirinci, nama Baihaqqi diambil dari bahasa Arab memiliki dua arti yakni Imam Perawi Hadist dan yang kedua adalah Nisbah atau doa agar calon bayi menjelma menjadi laki laki yang rajin, bijaksana dan rendah hati.


Sementara itu, Syaki diartikan sebagai "Sosok yang menuangkan air". Dari segi makna, Syaki merupakan doa agar nantinya sang bayi bisa tumbuh menjadi sosok penyayang, penolong dan punya sifat melindungi.

Karena lahir di hari pertama puasa yakni 13 April, putra Rizki dan Nadya Mustika Rahayu itu menyandang nama belakang Ramadhan. Dari segi kata, Ramadhan merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam dan merupakan bulan penuh kemuliaan. Rizki dan Nadya agaknya berharap sang putra akan bisa memiliki sifat yang mulia dan terhormat serta mengamalkan ajaran Islam.

Disisi lain, nama putra Zaskia sendiri, Ukkasya Muhammad Syahki juga memiliki makna tak kalah mendalam. Selain memakai nama singkatan Irwansyah-Zaskia dan nama Nabi, Zaskia sempat mengungkap kalau nama tersebut terilhami dari sahabat Rasul yang pemberani, Ukkasyah. Kala itu, Ukkasyah bin Mihshan mendapat jaminan surga berkat keberaniannya.

"Jadi kita denger satu nama yang sebelumnya malah aku belum pernah denger gitu, namanya Ukkasya bin Mihshan.Pas aku denger Ukkasya ih kok lucu banget namanya tuh kaya enak didenger gitu," lanjut Zaskia. "Di saat Rasul lagi ceramah tentang surga tanpa hisab dari semua sahabat Rasul dia yang berdiri pertama."

"Jadi Ukkasya bilang ke Rasul gitu ya Rasul kalo gitu doain aku dong untuk bisa masuk surga tanpa dihisab terus Rasul langsung ngedoain di tempat itu juga. Artinya si Ukkasya ini terjamin masuk surga kan karena kepercayaan diri dia gitu terus keberanian dia ya. Alhamdulillah Allah takdirkan dia dapat rezekinya Masya Allah didoain Rasulullah untuk masuk surga, nah itu kan kayak filosofinya bagus banget," katanya.

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts