Birthday Spotlight: Happy Jessica Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Jessica adalah penyanyi, aktris dan pengusaha Korea-Amerika yang awalnya dikenal sebagai personel Girls' Generation. WowKeren mengulas akan mengulas kariernya melalui rubrik Birthday Spotlight.

WowKeren - Jessica akan merayakan ulang tahunnya ke-32 (menurut perhitungan internasional) pada 18 April. Seperti biasanya, WowKeren akan mengulas kariernya melalui rubrik Birthday Spotlight.

Jessica adalah penyanyi, penulis lagu, aktris, dan pengusaha Korea-Amerika yang awalnya dikenal sebagai personel Girls' Generation atau SNSD. Ia memutuskan hengkang pada 2016.


Sebagai seorang aktris, Jessica terkenal setelah memerankan Elle Woods dalam versi Korea musikal "Legally Blonde" pada 2010 dan memainkan peran dalam drama "Wild Romance" pada 2012. Kemudian pada 2014, ia mendirikan merek fesyen, Blanc & Eclare.

Tak perlu berlama-lama intip yuk perjalanan karier Jessica mulai pra debut hingga sekarang.

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

Jessica Jung lahir di San Francisco. Saat berlibur di Korea Selatan, ia dan saudara perempuannya, Krystal, terlihat di sebuah pusat perbelanjaan oleh staf SM Entertainment. Ia kemudian bergabung dengan perusahaan pada 2000.

Jessica menghabiskan tujuh tahun sebagai trainee sebelum memulai debutnya sebagai bagian dari Girls' Generation. Jessica diketahui bersekolah di Korea Kent Foreign School selama masa remajanya.

2. Debut


Debut

Jessica adalah anggota pertama Girls' Generation yang menandatangani kontrak dengan SM Entertainment pada 2000. Pada 2007, ia terpilih sebagai salah satu member grup legendaris memulai debutnya pada 5 Agustus 2007 itu.

Selain aktivitas grupnya, Jessica merilis dua single dengan Seohyun dan Tiffany berjudul "Love Hate" dan "Mabinogi (It's Fantastic!)". Jessica berkolaborasi dengan 8Eight untuk lagu "I Love You" yang dirilis pada 3 Maret 2008.

Namun Jessica tidak terlihat di video musik. Selain itu, ia memiliki berbagai duet, satu dengan Onew SHINee "One Year Later", dan satu dengan Park Myung Soo, "Naengmyeon".

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Nama Girls' Generation langsung dikenal luas di kalangan publik usai mereka merilis mini album "Gee" pada 7 Januari 2009. Lagu utamanya yang juga berjudul "Gee" berhasil memuncaki chart musik tahunan serta mengantarkan mereka meraih 9 piala "Music Bank".

Girls' Generation merilis mini album kedua mereka yang bertajuk "Genie" pada Juni 2009 dengan lagu utama berjudul sama. Kesuksesan ini terus berlanjut dengan dirilisnya full album kedua bertajuk "Oh!" yang menelurkan lagu hits "Oh!". Di tahun yang sama, Girls' Generation bergabung dengan Nayutawave Records yang menandai dimulainya aktivitas mereka di Jepang.

Pada Oktober 2011, Girls' Generation merilis full album ketiga berjudul "The Boys". Karir mereka di Jepang juga tak kalah gemilang di mana Girls' Generation meraih penghargaan Album of the Year di ajang MTV Video Music Awards Japan 2012 serta mendapat sertifikasi dari RIAJ usai album Jepang "Girls' Generation" terjual 1 juta copy.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Pada 30 September 2014, Jessica mengumumkan di akun Weibo pribadinya bahwa ia telah "dipaksa keluar" dari grup. Meski sebelumnya sering menjalani aktivitas solo, ini menandai karier solonya di industri.

SM Entertainment menyatakan bahwa Jessica tidak lagi menjadi member Girls' Generation. Agensi juga menyatakan bahwa grup akan terus berpromosi dengan delapan member sambil tetap mengelola aktivitas solonya.

Jessica juga merilis pernyataannya sendiri melalui perusahaan fesyennya, Blanc Group, menjelaskan bahwa ia telah diminta untuk meninggalkan grup oleh agensi dan member grup lainnya.

Lagu terakhir Jessica dengan Girls' Generation adalah "Divine", yang termasuk dalam versi repackaged dari album greatest hits Jepang mereka, The Best. Setelah itu, ia mulai malang melintang sebagai artis solo.

5. Kontroversi


Kontroversi

Berbagai rumor beredar terkait keluarnya Jessica dari Girls' Generation. Dispatch melaporkan ada konflik antara Jessica dan SM Entertainment.

Jauh sebelum pergi, Jessica telah memberi tahu sesama anggota bahwa ia ingin melanjutkan bisnisnya, dan dia bisa menikah jika dia bukan lagi anggota SNSD. Jessica juga bercita-cita untuk melanjutkan studinya di New York.

Jessica bahkan mengisyaratkan bahwa ia tidak bisa melakukan ini lagi (aktif sebagai anggota Girls' Generation), meskipun kami membuat asumsi tentang kondisinya ketika ia membuat pernyataan itu.

Namun Jessica tiba-tiba berangkat ke New York, jadi tidak ada lagi diskusi yang bisa dilakukan. Ia kembali hanya satu hari sebelum pertemuan penggemar yang dijadwalkan SNSD di Tiongkok. Ini bukan satu-satunya insiden seperti ini, ada masalah yang bermunculan di sana-sini.

Baik SM Entertainment maupun Jessica kemudian merilis pernyataan resmi. Keduanya menyatakan bahwa mereka sepakat menghentikan kontrak.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Jessica meluncurkan novel berjudul "Shine" pada 30 September 2020, memulai debutnya di nomor lima di daftar Penjual Terbaik New York Times untuk Hardcover Dewasa Muda dalam edisi tanggal 18 Oktober. Novelnya cukup sukses di dunia.

Saat ini Jessica masih sibuk baik sebagai publik figur dan pengusaha. Namun belum ada informasi mengenai proyek baru apa yang akan dirilisnya tahun ini.

You can share this post!

Related Posts