Mendikbud Nadiem Makarim Ngobrol 2 Jam Dengan Megawati di Tengah Isu Reshuffle, Bahas   Apa?
Instagram/nadiemmakarim
Nasional

Dalam unggahan di Instagram, tampak Nadiem yang mengenakan masker biru berfoto dengan Megawati yang tersenyum lebar. Menurut Nadiem, dirinya mengobrol selama dua jam dengan Presiden ke-5 RI tersebut.

WowKeren - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim baru saja bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Hal ini diungkapkan langsung oleh Nadiem dalam unggahan di akun Instagram resminya.

Dalam unggahan tersebut, tampak Nadiem yang mengenakan masker biru berfoto dengan Megawati yang tersenyum lebar. Menurut Nadiem, dirinya mengobrol selama dua jam dengan Presiden ke-5 RI tersebut.

Lantas, apa yang dibahas oleh Nadiem dan Megawati dalam pertemuan tersebut? Menurut Nadiem, mereka berdiskusi mengenai strategi percepatan program pendidikan yang dicanangkannya.

"Ngobrol dua jam sama Bu Mega, diskusi strategi mempercepat Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila," tulis Nadiem pada Selasa (21/4). "Saya banyak belajar dari pengalaman beliau."


Sebagai informasi, Merdeka Belajar adalah program yang dijalankan Nadiem sejak dirinya dilantik menjadi Mendikbud. Dengan program tersebut, siswa dan guru diharapkan bisa belajar bersama, dengan model pembelajaran yang tak hanya satu arah.

Sementara itu, profil pelajar Pancasila bertujuan untuk membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang memiliki kompetensi global dan memiliki nilai-nilai Pancasila. Ada enam karakter yang perlu diaplikasikan dalam profil pelajar Pancasila ini, yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, berkebinekaan global, gotong royong, dan kreatif.

Di sisi lain, pertemuan Nadiem dan Megawati ini berlangsung di tengah kencangnya isu reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo. Isu reshuffle ini mulai ramai diperbincangkan usai DPR RI menyetujui peleburan Kemenristek ke dalam Kemendikbud dan juga pembentukan Kementerian Investasi.

Sebelumnya, Nadiem juga sempat mendatangi kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, dan bertemu dengan Menkumham Yasonna H Laoly secara langsung pada Senin (19/4). Mereka membahas isu nasional yakni terkait proses peleburan Kemendikbud dengan Kemenristek. Yasonna mengatakan regulasi peleburan tersebut harus disiapkan terlebih dahulu agar berjalan mulus.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts