Presiden Jokowi Ungkap Alasan Impor Beras Meski Akui Tak Suka
Twitter/Jokowi
Nasional

Pada Rabu (21/4), Presiden Jokowi meninjau hasil panen padi di Indramayu, Jawa Barat. Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi kembali menyinggung mengenai polemik impor beras.

WowKeren - Pada Rabu (21/4), Presiden Joko Widodo diketahui sedang bertandang ke Indramayu, Jawa Barat untuk meninjau hasil panen padi. Lokasi yang menjadi kunjungan kerja Jokowi kali ini adalah Desa Wanasari, Kecamatan Bangodua.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi kembali menyinggung terkait dengan persoalan impor beras. Jokowi mengatakan bahwa pemerintah Indonesia sebenarnya tidak suka jika harus mengimpor beras.

"Pemerintah bahwa sebetulnya tidak senang dan tidak suka yang namanya impor beras," ujar Jokowi saat konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/4). "Tetapi, karena hitung-hitungan, banyak yang kena banjir, kemudian pandemi, kadang-kadang memang, hitung-hitungan, kalkulasi itu waduh ini kurang, sehingga perlu tambahan untuk cadangan."

Tak hanya itu, Jokowi menyampaikan keinginannya untuk terus membangun sistem pertanian yang semakin baik produksinya. Jokowi juga mengharapkan hasil panen padi di Indonesia bisa menjadi ketahanan pangan dan swasembada. "Kita ingin terus membangun sebuah pertanian yang semakin baik produksinya, dan kita harapkan akan menjadi sebuah ketahanan pangan bagi negara kita Indonesia, tentu saja kita juga ingin swasembada," terang Jokowi.


Jokowi selanjutnya menegaskan bahwa tidak akan ada impor beras hingga Juni mendatang. Lebih lanjut, Jokowi mengatakan kemungkinan juga bisa tidak mengimpor beras hingga akhir tahun 2021, selama produksinya bagus.

"Kemarin sudah kami putuskan bahwa sampai Juni, tidak ada impor, InsyaAllah nanti juga sampai akhir tahun," tutup Jokowi. "Kalau kita tahan, produksinya bagus, berarti juga tidak akan impor."

Sebelumnya, polemik impor beras di masa panen raya sempat menjadi gaduh, khususnya bagi petani Indonesia. Hal itu juga sempat mendapat tanggapan dari Jokowi yang mengatakan tidak akan melakukan respon hingga Juni 2021.

"Saya pastikan bahwa sampai bulan Juni 2021 tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita, Indonesia," bunyi pernyataan Jokowi, Jumat (26/3). "Kita tahu sudah hampir tiga tahun ini kita tidak mengimpor beras."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait