Digelar Sebentar Lagi, Simak Kisi-Kisi Seleksi CPNS-PPPK 2021 Berikut Ini
Twitter/KementerianLHK
Nasional

Seleksi CPNS-PPPK 2021 siap dimulai dengan tahap pendaftaran pada bulan Mei mendatang. Calon peserta rekrutmen, jangan lupa mulai persiapan dari sekarang ya!

WowKeren - Rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah di depan mata pasca seleksi sekolah kedinasan digelar. Diketahui pula untuk tahun 2021, ASN yang direkrut terdiri atas 2 kelompok, yakni Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Siap dibuka mulai Mei 2021 mendatang, tentu saja calon "pengejar NIP" harus mempersiapkan sebaik-baiknya mulai sekarang. Termasuk kisi-kisi soal yang mungkin diujikan di seleksi CPNS-PPPK tahun anggaran 2021.

Untuk diketahui pula, merujuk pada seleksi CPNS sebelumnya, maka kali ini juga terdiri atas 3 tahapan yakni Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Untuk seleksi administrasi tentu saja tergantung pada kelengkapan berkas dan data yang dipersyaratkan.

Sedangkan untuk tes SKD nanti akan terbagi dalam 3 kategori, yakni Tes Karakteristik Pribadi, Tes Wawasan Kebangsaan, dan Tes Intelegensi Umum. Masing-masing jenis tes akan memiliki nilai ambang batas masing-masing.


Untuk TKP mencakup pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, TIK, dan profesionalisme. Sementara untuk TWK mencakup penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia.

Untuk TIU selayaknya tes IQ yang kerap dilakukan di beberapa instansi lain. Yakni meliputi kemampuan verbal seperti analogi dan silogisme, kemampuan numerik meliputi berhitung dan deret angka, serta kemampuan figural meliputi ketidaksamaan dan serial.

Bagi yang lolos SKD akan maju ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang yang disesuaikan dengan jenis jabatan dan instansinya. Namun secara garis besar SKB biasanya mencakup sejumlah dari kategori berikut, yakni tes potensi akademik, tes praktik kerja, tes bahasa asing, tes fisik atau kesampataan, psikotes, tes kesehatan jiwa, dan wawancara.

Sedangkan untuk SKB calon guru biasanya dilengkapi dengan praktik mengajar. Spesifik untuk seleksi PPPK guru, setiap peserta bisa mengikuti seleksi sampai sebanyak 3 kali.

Jadi, bagaimana? Sudah siapkah menyambut seleksi CPNS-PPPK yang tinggal menghitung hari? Jangan sampai terlewat untuk seleksinya. Informasi terbaru CPNS-PPPK 2021 bisa kamu ikuti di WowKeren, stay tuned!

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts