Nihil Laporan COVID-19, Anies Baswedan Pastikan Uji Coba Sekolah Tatap Muka Terus Berjalan
Instagram/aniesbaswedan
Nasional

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan uji coba sekolah tatap muka di wilayah ibu kota terus berjalan karena dianggap sebagai bagian dari proses penting ini.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan uji coba sekolah tatap muka di wilayah ibu kota terus berjalan. "Berbicara tentang pembukaan sekolah, kita pada fase ini masih pada fase piloting. Jadi piloting jalan terus," kata Anies, dilansir dari Kumparan, Kamis (22/4).

Anies menjelaskan pentingnya fase piloting ini, yang memungkinkan Pemprov DKI untuk mempelajari pola belajar siswa di sekolah. Dari sini, Pemprov akan melakukan beberapa langkah pencegahan penularan COVID-19 di lingkungan pendidikan.

Dia menjelaskan, "Fungsi piloting ini untuk mendapatkan feedback tentang SOP di sekolah, tentang perilaku anak-anak yang belajar, juga gurunya, orang tuanya. Sehingga kita punya informasi yang lebih baik untuk menyusun tata kelola sekolah di masa pandemi."

Jika program ini berhasil, Anies tak menutup kemungkinan untuk mengeluarkan kebijakan lanjutan. "Jadi ini tidak akan berhenti proses piloting ini. Justru proses piloting ini penting untuk bekal kita," sambungnya.


Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana menyatakan bahwa pihaknya belum menerima komplain maupun laporan COVID-19 dari orangtua siswa terkait pelaksanaan uji coba sekolah tatap muka. "Sampai saat ini belum ada komplain dari orangtua, mudah-mudahan semua mengawasi," kata Nahdiana.

Jika di kemudian hari terdapat kasus COVID-19 di lingkungan sekolah, pihaknya siap melakukan prosedur kedaruratan. "Sampai saat ini belum ada laporan, kalaupun ada kita siapkan prosedurnya dengan emergency break," sambung Nahdiana.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga akan melakukan evaluasi secara berkala dan memberi kesempatan bagi orangtua untuk melihat langsung proses pembelajaran tatap muka. "Ada masyarakat juga kita berikan kesempatan untuk melihat dan orangtua murid beri izin, sampai sejauh ini berjalan lancar," pungkasnya.

Sementara itu, skema uji coba sekolah tatap muka di DKI Jakarta telah dilakukan sejak 7 April dan akan berakhir pada 29 April. Sebanyak 85 sekolah dari berbagai jenjang telah berpartisipasi dalam uji coba tersebut.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru