IOC Tetap Pede Olimpiade Tokyo Bisa Digelar Walau Jepang Hampir Darurat COVID-19
olympic.org
Dunia

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach meyakini Olimpiade Tokyo tetap bisa diselenggarakan sesuai jadwal, yakni pada pertengahan tahun 2021.

WowKeren - Sejumlah kota dan perfektur padat penduduk di Jepang berusaha menetapkan status darurat atas peningkatan penyebaran wabah COVID-19. Padahal musim panas mendatang Jepang akan menjadi tuan rumah gelaran Olimpiade yang sudah ditunda pelaksanaannya sejak tahun 2020 lalu.

Namun meski status darurat COVID-19 itu sudah hampir ditetapkan, panitia Olimpiade rupanya tetap percaya diri gelaran ajang olahraga multinasional itu akan bisa diadakan. Kali ini keyakinan datang dari Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

Dalam konferensi persnya hari Rabu (21/4), Bach menyatakan panitia Olimpiade Tokyo tidak berencana membatalkan gelaran tersebut dan tetap menjalankan persiapan sesuai yang sudah dirancang. Para panitia, tutur Bach, meyakini bisa menggelar Olimpiade yang aman di tengah pandemi COVID-19.

Tentu saja maksudnya dengan ketatnya pelaksanaan protokol kesehatan. Dan di samping itu, vaksinasi untuk para atlet dan ofisial yang terlibat pun tengah diupayakan.


"Saya rasa semua orang harus mencoba memahami ini. Pelan-pelan kita beri kesempatan untuk lebih percaya diri dan yakin, lalu tinggalkan keraguan (olimpiade tak bisa terlaksana) di belakang," ujar Bach, dikutip dari The Washington Post, Kamis (22/4).

Bach juga memastikan kepercayaan diri panitia Olimpiade Tokyo ini sejalan dengan kebijakan pemerintah. Pasalnya penetapan darurat akan berlangsung sampai setidaknya 9 Mei 2021, mencegah timbulnya kerumunan saat libur panjang "Golden Week".

Bach pun mendorong panitia setempat untuk terus aktif berkomunikasi dengan pihaknya demi mempersiapkan Olimpiade Tokyo. Bahkan pekan depan sedianya protokol kesehatan yang baru dan khusus untuk para atlet serta pemangku kebijakan Olimpiade siap diumumkan.

"Kita sudah melihat ajang olahraga seperti ini dan berhasil. Ada 340 ajang olahraga dunia yang dipersiapkan dengan partisipasi sampai 40 ribu atlet. Dan nyatanya, tidak ada satupun yang kemudian menjadi penyebar virus Corona," papar Bach.

"Mereka bahkan tidak memiliki keistimewaan menjalani vaksinasi. Sedangkan di Tokyo, kita akan memberikan vaksinasi untuk para peserta," pungkas Bach, menegaskan bahwa Olimpiade akan berjalan aman dengan protokol kesehatan yang ketat.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru