Warganya Alami Radang Jantung Usai Divaksin Pfizer, Israel Lakukan Investigasi
Unsplash/Yanny Mishchuk
Dunia

Kemenkes Israel belum bisa memastikan apakah insiden ini benar-benar berhubungan dengan vaksin. Mayoritas kasus dilaporkan terjadi pada orang di bawah 30 tahun.

WowKeren - Israel tengah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah kecil kasus radang jantung pada orang yang telah menerima vaksin COVID-19 Pfizer (PFE.N). Meski demikian, Kementerian Kesehatan belum menarik kesimpulan apa pun terkait hal ini.

Pfizer mengatakan belum mengamati tingkat kondisi yang lebih tinggi dari yang biasanya diharapkan pada populasi umum. Sementara itu, koordinator tanggap pandemi Israel Nachman Ash, mengatakan bahwa studi pendahuluan menunjukkan ada "puluhan insiden" miokarditis terjadi di antara lebih dari 5 juta orang yang divaksinasi. Hal ini muncul terutama setelah dosis kedua.

Meski demikian, Ash belum bisa memastikan apakah insiden ini benar-benar berhubungan dengan vaksin. Mayoritas kasus dilaporkan terjadi pada orang di bawah 30 tahun.


"Kementerian Kesehatan saat ini sedang memeriksa apakah ada kelebihan morbiditas (angka penyakit) dan apakah itu bisa dikaitkan dengan vaksin," kata Ash. Baginya, kejadian ini patut dipertanyakan sehingga pihak Kemenkes masih belum menarik kesimpulan apa pun.

Untuk memastikan ada tidaknya keterkaitan, kata Ash cukup sulit. Pasalnya, miokarditis sendiri adalah suatu kondisi yang sering hilang tanpa komplikasi, bisa disebabkan oleh berbagai virus. Selain itu, kasus serupa juga pernah dilaporkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Kepada Reuters, pihak Pfizer mengatakan bahwa pihaknya secara rutin berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan Israel untuk meninjau data tentang vaksinnya. Senada dengan Ash, mereka belum memiliki kepastian untuk keterkaitan tersebut.

"Kejadian buruk ditinjau secara teratur dan menyeluruh dan kami belum mengamati tingkat yang lebih tinggi dari miokarditis daripada yang diharapkan pada populasi umum. Hubungan kausal dengan vaksin belum ditetapkan," kata pihak perusahaan. "Tidak ada bukti saat ini yang menyimpulkan bahwa miokarditis adalah risiko yang terkait dengan penggunaan vaksin Pfizer/BNT COVID-19."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait