Pakar Ungkap 6 Jenis Makanan untuk Maksimalkan Efek Pasca Vaksinasi COVID-19, Apa Saja?
Twitter/KemenkesRI
Health
Vaksin COVID-19

Ahli penyakit dalam New York, Niket Sonpal merekomendasikan 6 bahan pangan dan minum yang sebaiknya dikonsumsi agar meningkatkan manfaat pasca pemberian vaksin COVID-19.

WowKeren - Vaksinasi merupakan upaya memasukkan agen penyebab penyakit yang sudah dilemahkan untuk memicu respons antibodi. Namun supaya lebih maksimal, ternyata ada panduan gizi dan bahan pangan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penerima vaksin.

Melansir Livestrong, peneliti mengelompokkan 6 makanan yang memberi efek baik bagi penerima vaksin COVID-19. Namun yang wajib diingat, makanan ini tidak serta-merta menyebabkan individu bersangkutan terlindungi atau bisa sembuh dari COVID-19, serta tidak menjamin peningkatan efektivitas vaksin maupun meminimalisir efek sampingnya.

Makanan-makanan yang disebutkan ini bersifat anti-inflammatory alias anti-peradangan. Alhasil bisa mendukung sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi cukup antibodi setelah penyuntikan vaksin COVID-19.

Menurut ahli penyakit dalam dan gastroenterologis di New York, Niket Sonpal, makanan pertama yang harus dipertimbangkan adalah sayur dan buah. "Ini bisa membantu meningkatkan sistem imun dan mengizinkan tubuh untuk lebih baik melawan penyakit," tutur Sonpal, dikutip pada Selasa (27/4).

Terutama adalah buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk-jerukan. Sedangkan untuk sayur-mayurnya diutamakan yang kaya akan antioksidan seperti brokoli dan bayam.

Lalu kacang-kacangan juga direkomendasikan untuk dimakan pasca menerima suntikan vaksin COVID-19. "Kacang-kacangan adalah sumber vitamin dan mineral yang bekerja untuk mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh dan jantung yang kuat," papar Sonpal. Melansir The American Journal of Clinical Nutrition, kacang-kacangan yang baik misalnya almond, mete, dan walnut.


Lalu bahan pangan yang baik lagi lainnya adalah lemak ikan seperti salmon dan tuna yang kaya akan Omega-3. Keberadaan lemak baik ini bisa menurunkan tingkat inflamasi tubuh, tekanan darah, serta mencegah adanya penyumbatan pembuluh darah.

Sup mi ayam bisa menjadi alternatif selanjutnya karena sifat antiinflamasinya yang mampu membantu melawan penyakit. Beberapa bahan yang sebaiknya dimasukkan adalah wortel, bawang, seledri, serta tentu saja ayam yang menjadi sumber protein.

"Bahkan kaldunya saja bermanfaat karena sifatnya yang menghidrasi," ujar Sonpal. "Dan karena kemampuannya untuk melegakan rongga pernapasan (ketika uap panasnya dihirup)."

Minum air dengan jumlah yang cukup adalah alternatif selanjutnya. "Air sangat penting untuk memastikan tubuh bisa melawan sel-sel asing dan penyakit," tegas Sonpal.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) mendorong penerima vaksin COVID-19 untuk banyak meminum air pasca disuntik. Selain karena keperluan cairan tubuh, air bisa menambah oksigen dalam darah yang tentu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih efektif.

Dan yang terakhir adalah tiram. "Tiram kaya akan zinc, mineral yang berperan besar dalam membuang patogen dari tubuh serta membantu membentuk protein untuk melawan infeksi virus," jelas Sonpal.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts