TWICE Cetak Sejarah di Jepang, Jadi Penyanyi Wanita Asing Pertama yang Raih Platinum
Instagram/twicetagram
Musik

Tahun lalu, RIAJ menerapkan sistem sertifikasi baru untuk streaming lagu secara online, sebagai tambahan dari sistem sertifikasi yang sudah ada sebelumnya untuk pengiriman album fisik dan penjualan unduhan digital.

WowKeren - TWICE telah membuat sejarah di Jepang! Girl grup beranggotakan 9 orang tersebut sekali lagi mencetak prestasi, kali ini dengan menjadi penyanyi wanita pertama dari luar Jepang yang mendapat sertifikasi platinum dari RIAJ untuk streaming.

Tahun lalu, Asosiasi Industri Rekaman Jepang (RIAJ) menerapkan sistem sertifikasi baru untuk streaming lagu secara online, sebagai tambahan dari sistem sertifikasi yang sudah ada sebelumnya untuk pengiriman album fisik dan penjualan unduhan digital. Menurut sistem baru, lagu akan mendapatkan sertifikasi perak setelah mencapai 30 juta streaming, emas pada 50 juta streaming, dan platinum pada 100 juta streaming.

Dalam batch sertifikasi terbarunya (tertanggal Maret 2021), RIAJ secara resmi memberikan sertifikasi platinum hit TWICE 2019 "Feel Special" dalam kategori streaming setelah lagu tersebut melampaui lebih dari 100 juta streaming.

Meskipun TWICE sebelumnya telah menerima sertifikasi platinum dan double platinum dari RIAJ untuk album fisik, pencapaian terbaru ini menandai pertama kalinya salah satu lagu mereka mendapatkan sertifikasi platinum untuk streaming.


TWICE Cetak Sejarah di Jepang, Jadi Penyanyi Wanita Asing Pertama yang Raih Platinum

Source: Soompi

Selain itu, "Feel Special" sekarang menjadi lagu pertama oleh penyanyi wanita dari luar Jepang mana pun dalam sejarah RIAJ yang pernah menerima sertifikasi platinum untuk streaming dan hanya lagu keseluruhan kedua oleh artis K-pop yang mencapai prestasi tersebut, setelah "Dynamite" milik BTS (Bangtan Boys).

Sementara itu, MAMAMOO memperoleh sertifikasi emas pertama mereka dalam kategori streaming setelah lagu hit mereka "HIP" melampaui 50 juta streaming. "Kill This Love" milik BLACKPINK (Black Pink) dan lagu Jepang BTS "Your Eyes Tell" juga secara resmi mendapatkan sertifikasi emas setelah masing-masing mencapai 50 juta streaming.

Terakhir, B-side favorit penggemar BTS "Anpanman" dan "Euphoria", serta "Way Back Home" dari Shaun, semuanya menerima sertifikasi perak resmi setelah masing-masing melampaui 30 juta streaming. Selamat untuk TWICE, MAMAMOO, BTS, BLACKPINK, dan Shaun!

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru