April Sudah Lewat, Kapan Supermoon Sempurna Bisa Diamati Lagi Tahun Ini?
pixabay.com/Ilustrasi
SerbaSerbi

Para ahli telah memperkirakan jika di tahun 2021 akan ada dua fenomena supermoon. Fenomena alam ini yang berikutnya bisa diamati pada tanggal 26 Mei mendatang.

WowKeren - Fenomena alam memang selalu menarik untuk diamati. Apalagi yang melibatkan benda-benda langit yang sangat indah jika dilihat dari bumi.

Seperti salah satunya supermoon. Berbeda dari hari-hari biasa, saat fenomena ini terjadi bulan akan tapak lebih terang dan penuh. Supermoon tahun ini bisa diamati pada hari Selasa (27/4) malam.

Tidak ada peralatan khusus untuk bisa menikmati indahnya supermoon. Dengan kata lain, siapa pun dan di mana pun bisa menyaksikan supermoon di langit terbuka, asalkan kondisi cuaca memungkinkan alias cerah.

Supermoon sendiri adalah istilah yang diperkenalkan oleh astrolog Richard Nolle pada 1979, mengacu pada bulan baru atau bulan purnama yang terjadi dalam jarak 90 persen dari perigee, pendekatan terdekatnya ke Bumi. Sebuah supermoon bisa muncul hingga 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dibandingkan saat ia berada pada jarak terjauh dari Bumi.


Untuk tahun ini, di sebagian besar wilayah yang berada di zona waktu Greenwich Mean Time (GMT) atau Coordinated Universal Time (UTC) bulan supermoon dapat dilihat pada Selasa malam. Secara keseluruhan, bulan akan tampak purnama sekitar tiga hari sekitar waktu ini, dari Minggu malam hingga Rabu pagi.

Kabar baiknya, supermoon ini bukan satu-satunya yang akan muncul tahun ini. Sebab, para ahli telah memperkirakan jika di tahun 2021 akan ada 2 supermoon. Fenomena alam ini yang berikutnya bisa diamati pada tanggal 26 Mei mendatang.

Tak cukup sampai di situ, Gordon Johnston dari NASA menulis dalam sebuah panduan yang mengatakan bahwa supermoon berikutnya akan lebih dekat ke Bumi dan sedikit lebih besar, meski hanya sekitar 157 kilometer, atau sekitar 0,04 persen jarak dari bumi ke bulan di perigee.

"Publikasi yang berbeda menggunakan ambang yang sedikit berbeda untuk memutuskan bulan purnama mana yang memenuhi syarat sebagai supermoon," ujar Gordon. "Tetapi untuk tahun 2021 semua setuju bahwa dua bulan purnama pada bulan April dan Mei adalah supermoon."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts