Efek Samping Vaksin COVID-19 Bisa Dilihat dari Lidah, Begini Penjelasan Pakar
Unsplash/engin akyurt
Health
Vaksin COVID-19

Pakar mengungkap efek samping vaksin COVID-19 bisa dilihat dari kondisi lidah yang juga terkait dengan status hidrasi tubuh. Begini penjelasan selengkapnya.

WowKeren - Selayaknya vaksinasi lain, vaksin COVID-19 juga bisa membawa efek samping untuk penerimanya. Meski efek samping ini dikhawatirkan, nyatanya setiap produk vaksin yang berkembang saat ini sudah dipastikan keamanannya.

Namun tahukah Anda kalau efek samping vaksinasi ini bisa dilihat dari kondisi lidah Anda? Kepala Penyakit Menular Anak-Anak, Sharon Nachman, menjelaskan pada prinsipnya lidah bisa menunjukkan apakah tubuh terhidrasi dengan baik atau tidak, yang akan berpengaruh pada kondisi tubuh pasca divaksin.

"Kalau Anda menjulurkan lidah keluar dan bercermin, lalu terlihat warnanya putih, itu tanda Anda tidak terhidrasi dengan baik," jelas Nachman. Padahal kondisi dehidrasi adalah yang dihindari demi meminimalisir efek samping vaksinasi COVID-19 juga memaksimalkan manfaat vaksin tersebut.

Namun yang wajib dipahami pula, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah menjelaskan bahwa efek vaksin COVID-19 bisa menyebabkan tubuh dehidrasi. Beberapa di antaranya seperti demam dan mual-mual.

"(Kondisi itu) menyebabkan tubuh memerlukan lebih banyak cairan," tegas CDC. Mayo Clinic menyatakan dehidrasi ini bisa semakin parah jika individu bersangkutan turut mengalami berkeringat parah saat demam dan diare atau muntah saat mual.


Sedangkan menurut Direktur Medis Global International SOS, Robert Quigley, menyatakan dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan efek samping vaksinasi COVID-19 makin buruk. "Kurangnya cairan tubuh atau bahkan sampai tahap dehidrasi bisa memperburuk efek samping vaksin," jelas Quigley.

Melansir VeryWell Health, dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan kram otot yang semua adalah efek samping vaksin. Dengan tidak cukup minum, maka efek samping yang dialami tentu saja 2 kali lebih menyiksa.

Alasan yang sama pula mengapa pakar tidak menyarankan penerima vaksin mengonsumsi minuman beralkohol sebelum dan sesudah proses. Pasalnya alkohol bisa menyebabkan tubuh dehidrasi.

Karena itulah, kunci dari melawan efek samping vaksin COVID-19 adalah dengan dengan memastikan tubuh dalam kondisi terhidrasi. Kalaupun mengalami efek samping, kondisi tubuh yang terhidrasi dengan baik bisa meringankan gejala yang dirasakan.

"Vaksin COVID-19 atau semua vaksin bekerja dengan mengaktifkan sistem imun tubuh memproduksi antibodi untuk melawan penyakit menular tanpa perlu terpapar virus atau bakteri penyebabnya," terang Direktur Medis Perusahaan Heal, Sachin Nagrani kepada Bustle. Dan memastikan tubuh terhidrasi dengan baik bisa membuat sistem sirkulasi berjalan lebih efisien.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts