Marvel Dituntut Perusahaan Komik Atas Dugaan Pencurian Desain Kostum Iron Man
Marvel Studios
Film

Perusahaan buku komik Horizon Comics dan pendirinya, Ben dan Raymond Lai, menggugat Disney dan Marvel Entertainment. Mereka menuduh dalam gugatannya bahwa Marvel berulang kali mencuri desain mereka.

WowKeren - Perusahaan buku komik yang berbasis di Montreal, Horizon Comics dan pendirinya, Ben dan Raymond Lai, menggugat Disney dan Marvel Entertainment. Mereka menuduh dalam gugatannya bahwa Marvel berulang kali mencuri desain mereka pada beberapa kesempatan di film “Iron Man”, “Ant-Man”, dan “The Avengers”.

Gugatan tersebut menuduh bahwa desain tersebut digunakan tanpa persetujuan atau kompensasi kepada Horizon Comics dan Lais. “Penggugat berusaha untuk mengakhiri pelanggaran yang disengaja dan terus-menerus ini dan untuk memerintahkan tergugat untuk membayar ganti rugi dan hukuman ganti rugi kepada penggugat, di selain biaya Horizon, termasuk biaya pengacara-klien," bunyi gugatan tersebut via CTV News.

Desain yang dipermasalahkan berasal dari seri “Radix” tiga volume yang diterbitkan oleh Image Comics dari Desember 2001 hingga April 2002. Berdasarkan gugatan, setelah keberhasilan seri “Radix”, pemimpin redaksi Marvel CB Cebulski berusaha untuk mempekerjakan Lai bersaudara bekerja sebagai artis untuk Marvel berdasarkan serial tersebut, tetapi mereka menolak.

Kemudian, Massachusetts Institute of Technology (MIT) menyalin ilustrasi untuk hibah penelitian untuk Institute for Soldier Technology pada tahun 2002. MIT mengeluarkan permintaan maaf publik karena menggunakan ilustrasi tersebut tanpa persetujuan, tetapi sesuai gugatan, setelah insiden tersebut, Marvel menghubungi Lai bersaudara lagi dan pada tahun 2002, mereka diterima, mengerjakan komik Thor dan X-Men.

"Kami memulai ‘Radix’ pada tahun 1995 dengan tujuan menciptakan sesuatu yang unik. Dengan ‘Radix’ kami menjadi dikenal dan diakui di industri buku komik Amerika. Kami membuat nama untuk diri kami sendiri. Itu memungkinkan kami untuk bekerja di mana-mana, termasuk Marvel," kata Lai bersaudara dalam sebuah pernyataan.


Pernyataan itu melanjutkan, "MIT (Massachusetts Institute of Technology) menyalin salah satu karakter ‘Radix’ pada tahun 2002 untuk mendapatkan hibah $ 50 juta, kami memutuskan untuk tidak menuntut karena mereka secara terbuka meminta maaf dan mengakui kesalahan mereka. Tetapi dengan Marvel, itu pelanggaran berulang.”

“Setelah itu, litigasi bertahun-tahun di AS dan jumlah yang cukup besar, mereka terus meniru karakter kami. Ini menyebabkan kerugian yang signifikan dan memengaruhi kemampuan kami untuk mencari nafkah sebagai artis. Jelas bahwa kami tidak dapat menerima perilaku yang berulang ini. Satu-satunya cara untuk mewujudkannya hak untuk mengajukan proses ini," lanjut mereka.

Adapun desain yang diklaim oleh Horizon Comics dan Lai bersaudara yang dicuri Marvel, secara khusus disebutkan adalah kostum “Iron Man 3”. Gugatan mereka sendiri menyebut, "Itu sangat mirip dengan setelan yang dikenakan oleh seorang Caliban, salah satu karakter yang digambarkan dalam Horizon's Works Radix 1."

Perlu dicatat bahwa Horizon Comics mengajukan gugatan terhadap Marvel pada tahun 2013 yang sebagian ditolak, tetapi diizinkan untuk melanjutkan terkait desain poster film tersebut. Namun, Marvel memenangkan gugatan itu pada tahun 2019 dengan Hakim Pengadilan Distrik AS menemukan bahwa hampir tidak ada bukti dalam catatan yang menunjukkan bahwa mereka yang terlibat dalam desain poster Iron Man 3 akan melihat gambar Caliban.

Dalam gugatan baru ini, Horizon berpendapat bahwa Marvel terus melanggar desain mereka, khususnya dengan penampilan Iron Man di “Avengers: Infinity War”. Mereka juga mengklaim pelanggaran antara desain karakter Ant-Man dan Wasp dan karakter militer di Horizon. “Radix 2”.

"Baik Horizon maupun Lai bersaudara tidak memberikan persetujuan apa pun, baik tersurat maupun tersirat, untuk reproduksi Karya mereka," bunyi gugatan tersebut. "Sebaliknya, Horizon sebelumnya melembagakan tindakan hukum penuh di Amerika Serikat untuk menegakkan haknya sebagai bagian dari Karya. Setelah klaim hukum pertama ini, Marvel melanggar hak cipta Horizon dengan cara yang bahkan lebih mengerikan."

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru