Lebih Rumit, Jiwoo K.A.R.D Jelaskan Mengapa Grup Co-ed Sangat Susah Untuk Lakukan Comeback
Musik

Tak seperti boy grup atau girl grup, grup yang terdiri dari member campur (laki-laki dan perempuan) ternyata memiliki persiapan comeback yang berbeda. Jiwoo K.A.R.D membeberkan alasannya.

WowKeren - Tak seperti boy grup atau girl grup, grup yang terdiri dari member campur (laki-laki dan perempuan) ternyata memiliki persiapan comeback yang berbeda. Grup yang sering disebut co-ed ini memiliki persiapan comeback yang cukup sulit menurut pengakuan salah satu membernya.

Kembali ketika K.A.R.D mengonfirmasi bahwa mereka dijadwalkan untuk comeback September 2019 dengan single digital kedua mereka "Dumb Litty", penggemar KARD membawa kembali streaming langsung masa lalu di mana Jiwoo berbagi alasan mengapa comeback mereka begitu berjauhan.

Banyak orang berkomentar bahwa sudah lama sejak grup ini berpromosi, dengan comeback "Bomb Bomb" yang dirilis lima bulan sebelumnya. Dalam siaran langsung yang dilakukan salah satu member, Jiwoo, ia memberikan wawasan mengapa grup co-ed mengalami kesulitan dengan comeback.

Dia mengungkapkan bahwa produser biasanya menulis lagu untuk grup satu gender. Artinya, sebagian besar produser akan membuat lagu yang dikhususkan untuk grup wanita atau grup pria. Jika tidak, maka mereka akan membuat musik untuk duet atau solois.


Karena tidak banyak grup campuran di K-Pop, produser biasanya tidak membuat musik untuk grup dengan gender campuran. Karenanya, K.A.R.D biasanya harus meminta lagu yang akan dituliskan untuk mereka.

Masalah K.A.R.D adalah karena lagu tidak tersedia untuk grup campuran, mereka tidak dapat memilih dari sampel musik atau panduan yang tersedia seperti yang dilakukan grup lain. Fans percaya inilah mengapa BM mengambil alih tangannya dan memproduksi lagu mereka selanjutnya.

Banyak yang berharap lebih banyak produser membuat musik untuk grup campuran, dengan mengatakan bahwa itu mungkin membantu lebih banyak grup seperti debut K.A.R.D. Nyatanya tak banyak grup co-ed yang malang melintang di dunia musik Korea.

K.A.R.D adalah grup gabungan Korea Selatan yang dibentuk oleh DSP Media. Mereka terdiri dari anggota J.Seph, BM, Somin, dan Jiwoo. Mereka secara resmi memulai debutnya pada 19 Juli 2017, dengan EP bertajuk “Hola Hola”.

Merek K-pop K.A.R.D telah dideskripsikan sebagai "trendi yang tak terbantahkan", dengan diskografi mereka berfokus pada suasana house and dancehall kontemporer, yang oleh Billboard disebut sebagai sesuatu yang "ditarik langsung dari tangga lagu Top 40". Gaya musik grup ini menyimpang dari elektropop, hip hop, EDM, dan alt-R & B yang diketahui telah menjadi tren di pasar musik Amerika pada saat pra-debut mereka.

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts