Terungkap Satu Wilayah RI yang Hingga Kini Diklaim Bebas COVID-19, di Mana?
Flickr/unisgeneva
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Terdapat satu wilayah yang hingga kini diklaim bebas COVID-19 meski sudah setahun lebih wabah tersebut 'menemani' Tanah Air. Di manakah wilayah tersebut?

WowKeren - Indonesia sudah setahun lebih "ditemani" pandemi COVID-19 dan sampai kini telah menginfeksi jutaan orang. Namun tahukah Anda kalau masih ada beberapa wilayah Tanah Air yang bahkan diklaim zona hijau alias bebas COVID-19 sampai area yang disebut-sebut sama sekali tidak pernah terkena wabah?

Mengutip keterangan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 yang dllansir dari Kompas, ternyata masih ada satu daerah yang berstatus tidak terdampak virus Corona. Daerah itu adalah Kabupaten Dogiyai di Papua.

Menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua, Dogiyai merupakan salah satu kabupaten di Papua yang sebelumya masuk di Kabupaten Nabire. Lalu pada 2008 silam, Kabupaten Dogiyai berdiri sendiri bersama-sama dengan pembentukan 5 kabupaten lain.

Tentu menjadi pertanyaan besar, bagaimana bisa daerah ini "kebal" dari pandemi COVID-19 yang bahkan menyapu bak tsunami di India? Pertanyaan ini sendiri sayangnya belum bisa dijawab juga oleh Satgas COVID-19 Papua, Silwanus Sumule.


Namun, menurut Silwanus, ada kemungkinan daerah tersebut telah menjalankan prosedur pencegahan dengan sebaik-baiknya. Kendati demikian, Silwanus tak menutup potensi bahwa bisa jadi daerah itu tak benar-benar bebas dari virus Corona.

"Mungkin saja mereka menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Kemudian mereka berhasil menekan aktivitas masyarakat," kata Silwanus. "Lalu pemerintah daerah berhasil melakukan skrining dengan baik. Tiga hal itu mereka jalankan."

Silwanus juga menyoroti soal sulitnya akses daerah hingga berujung pada minimnya mobilitas warga. Meski Dogiyai memiliki jalur darat, menurut Silwanus, jarak tempuhnya cukup jauh dengan jalur berbukit.

"Salah satu faktor yang menyebabkan naiknya kasus COVID-19 karena masifnya kegiatan masyarakat," terang Silwanus. "Semakin tinggi mobilitas penduduk, makin tinggi juga risiko penularan."

Sementara itu, melansir Kompas, terdapat 8 daerah yang kini berstatus zona hijau. Yakni Nias Barat, Nias Utara, dan Nias Selatan di Sumatera Utara; Pegunungan Arfak di Papua Barat; Yahukimo dan Mamberamo Raya di Papua; Pulau Taliabu di Maluku Utara, dan Serang Bagian Timur di Maluku.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts