Gempa Bumi 5,7 Magnitudo Guncang Halmahera Barat, Getaran Terasa hingga Manado
Twitter/infoBMKG
Nasional
Bencana Gempa 2021

Pada Rabu (5/5) pagi, gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,7 mengguncang Halmahera Barat, Maluku Utara. Dengan kekuatan tersebut, getaran gempa terasa hingga Manado, Sulawesi Utara.

WowKeren - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,7 mengguncang Halmahera Barat, Maluku Utara, Rabu (5/5) pagi. Menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa itu terjadi sekitar pukul 06:59 WITA atau 05:59 WIB.

Episentrum gempa berada di 48 kilometer barat laut Halmahera Barat, dengan kedalaman sekitar 133 kilometer di bawah laut. Karena kekuatan gempa yang cukup besar, guncangannya terasa hingga Manado, Bitung dan Ternate.

BMKG juga memastikan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. "Info Gempa Mag:5.7, 05-Mei-21 06:59:12 WITA, Lok:1.53 LU,127.19 BT (48 km BaratLaut HALMAHERABARAT-MALUT), dirasakan di Bitung dan Manado III MMI, Ternate II MMI, Molibagu II MMI Kedlmn:133 Km," tulis BMKG di akun Instagram resminya.


Meski tidak berpotensi tsunami, masyarakat diimbau untuk tetap waspada karena gempa susulan mungkin terjadi. "Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," demikian bunyi peringatan yang dikutip dari situs resmi BMKG.

Karena itu, masyarakat diimbau untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Sebagai gantinya, mereka disarankan untuk berlindung di bawah bangunan yang tahan gempa dan stabil sebelum kembali ke rumah.

Belum ada laporan lebih lanjut terkait kerusakan pada daerah terdampak atau ada tidaknya korban dari bencana ini. Untuk mengetahui perkembangan terbarunya, pastikan untuk tetap memantau update beritanya di WowKeren ya.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts