Diperiksa Hamil Kembar 7, Ibu di Mali Afrika Malah Lahirkan 9 Bayi Sekaligus
Unsplash/Picsea
SerbaSerbi

Halima Cisse (25) selama ini dinyatakan hamil kembar 7. Namun siapa menyangka, ketika ia menjalani prosedur operasi caesar untuk melahirkan, ternyata ada 9 bayi di dalam rahimnya.

WowKeren - Mengandung anak kembar merupakan anugerah tersendiri bagi seorang ibu, apalagi jika janinnya sampai berjumlah banyak. Seperti kisah seorang calon ibu di Mali, Afrika yang ketika diperiksa dokter disebutkan mengandung 7 bayi kembar sekaligus.

Namun siapa menyangka ada fakta mengejutkan terungkap kala sang ibu melahirkan. Pasalnya bukan 7 bayi, sang ibu ternyata malah melahirkan sampai 9 bayi sekaligus!

Adalah Halima Cisse (25), seorang ibu muda yang merasakan pengalaman menakjubkan itu. Kesembilannya dilahirkan secara caesar oleh pihak dokter di Maroko dan Mali.

Berita kehamilan tak biasa dari Cisse ini bahkan sampai mencuri perhatian petinggi transisional Mali, Bah Ndaw. Bahkan Bah Ndaw sampai meminta Cisse untuk dirawat khusus di Maroko hingga akhirnya ia dilaporkan melahirkan 5 bayi perempuan dan 4 bayi laki-laki.


"Ibu dan bayi-bayinya sehat semua sejauh ini," tutur Menteri Kesehatan Mali, Fanta Siby, kepada AFP. Siby, yang mengaku terus berkomunikasi dengan dokter yang mendampingi perawatan Cisse, menyebut ibu dan kesembilan anak kembarnya itu akan segera pulang dalam waktu dekat.

Kehamilan luar biasa ini memang menyita perhatian, bukan hanya dari kalangan awam tetapi juga ahli medis karena besarnya risiko yang ditanggung. Media lokal menuturkan peluang Cisse maupun bayi-bayinya untuk bertahan hidup tergolong rendah sehingga harus sangat dipantau.

Kehamilan nonuplets alias kembar 9 memang sangat langka. Komplikasi medis bisa terjadi untuk kehamilan kembar banyak seperti ini, dan beberapa kali bayi-bayinya tidak bisa bertahan hidup pasca dilahirkan.

Di sisi lain, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Maroko, Rachid Koudhari malah mengaku tidak tahu-menahu soal proses melahirkan 9 bayi kembar ini. Padahal otoritas Mali menyebut Cisse melahirkan anak-anaknya di salah satu rumah sakit negeri di Maroko.

Mengandung janin kembar dalam jumlah banyak memang bukan peristiwa yang awam tetapi juga bukan tidak mungkin terjadi. Beberapa tahun silam, lewat program kehamilan yang menggunakan terapi stimulasi ovulasi, seorang ibu dilaporkan mengandung 7 janin kembar sekaligus.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts