Mudik Dilarang Demi Tekan COVID-19, 85 WN Tiongkok Malah Masuk RI Lewat Soetta
Instagram/angkasapura2
Nasional
Mudik di Tengah Corona

Sebanyak 85 WN Tiongkok dan 3 WNI dilaporkan masuk Indonesia menggunakan pesawat carter lewat Bandara Soekarno Hatta. Padahal saat ini pemerintah membatasi mobilitas warga karena pandemi COVID-19.

WowKeren - Pemerintah resmi melarang mudik Lebaran 2021 mulai Kamis (6/5) hari ini sampai Senin (17/5) mendatang. Pemerintah berdalih larangan mudik ini semata demi mencegah penyebaran COVID-19, apalagi di tengah banyaknya mutasi virus yang bisa saja sudah masuk ke Tanah Air.

Namun di tengah larangan yang diberlakukan, sebanyak 85 WN Tiongkok malah dilaporkan masuk Tanah Air lewat Bandara Soekarno Hatta. Meski sebenarnya kedatangan WN Tiongkok ini terjadi pada Senin (4/5) kemarin, yang notabene mudik belum dilarang namun perjalanan antarkota mulai diperketat.

Menurut Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melaporkan 85 WN Tiongkok ini tiba dengan pesawat carter. Selain mereka, di pesawat yang sama juga terdapat 3 WNI.

"Telah mendarat 85 WN Tiongkok dan 3 WNI dengan pesawat China Southern Airlines (charter flight)," terang Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Arya Pradhana Anggakara, Kamis (6/5). "Dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen."


Arya mengungkap ke 88 penumpang pesawat carter tersebut tiba di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soetta pada Selasa pukul 14.55 WIB. Setelah tiba, 85 WN Tiongkok dan 3 WNI menjalani pemeriksaan oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan.

"Sebelum dilakukan pemeriksaan keimigrasian, para penumpang telah melalui pemeriksaan kesehatan," kata Arya. "Sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri oleh pihak KKP Kemenkes."

Setelah dilakukan pengecekan, bisa dipastikan bahwa WNA dan WNI yang datang itu telah sesuai prosedur. "Secara keimigrasian, diketahui bahwa visa dan dokumen keimigrasian mereka sudah sesuai dengan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020," pungkas Arya menegaskan.

Sampai berita ini ditulis, belum diketahui apa penyebab puluhan WN Tiongkok itu masuk ke Indonesia. Sedangkan memang selama beberapa waktu belakangan banyak WNI dari luar negeri yang kembali ke Tanah Air meski sudah diimbau untuk tidak mudik.

Sebelumnya ratusan WN India juga dilaporkan masuk Indonesia di tengah tsunami COVID-19 yang menyapu negeri Bollywood. Meski karantina dan pemeriksaan ketat dilakukan, Kemenkes mengonfirmasi ada 59 kasus positif COVID-19 terkait eksodus besar-besaran warga India ini.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts