Ilustrasi Bumi Datar di Soal Ujian SD Bikin Geger, Dinas Pendidikan: Itu Murni Ketidaktahuan Guru
Pxhere
Nasional

Sebuah soal ujian kelas 6 SD di Kota Cimahi menunjukkan ilustrasi bumi berbentuk datar hingga menghebohkan warganet. Karena itulah Dinas Pendidikan setempat memberi klarifikasi seperti ini.

WowKeren - Pada Kamis (6/5), media sosial Facebook dihebohkan dengan postingan seorang warganet yang menunjukkan ilustrasi bumi berbentuk datar. Dari caption yang disertakan, ilustrasi tersebut muncul dalam soal ujian Sekolah Dasar (SD) kelas 6 di sebuah sekolah swasta Kota Cimahi.

Dalam foto yang tersebar di media sosial, akun Facebook bernama Akbarman Tanjung membagikan ulang ilustrasi tersebut dari pemilik akun Desmanjon Purba. "Lapor... Pagi ini, Rabu, 5 Mei 2021. Hari ke-3 Ujian Sekolah untuk anak saya kelas 6 di salah satu SD Swasta di Baros Cimahi secara daring. Ujian dari rumah," tulis Akbarman mengutip pernyataan Desmanjon Purba, Kamis (6/5).

Dia melanjutkan, "Anak saya kaget dan berkata ke saya. 'Ini aneh Pa', masa sih gambar bumi dibikin datar!' Katanya ke saya setengah teriak. Wah... saya juga sontak kaget, lantas mendekati laptop yang digunakan anak saya Ujian Sekolah."

Ilustrasi Bumi Datar di Soal Ujian SD Bikin Geger, Dinas Pendidikan: Itu Murni Ketidaktahuan Guru

Source: Facebook


"Saya lihat nomor soal ke-30 itu. Waduh bener euy, gambar planet bumi dibikin datar. 'Parah! Pendidkan nasional, kebanyakan canda atau sudah kecanduan kadrun!!!' pikir saya," sambungnya.

Lebih lanjut, Desmanjon Purba dan pengunggah berharap pemerintah segera menindaklanjuti temuan tersebut. "Ilmu Pengetahuan sdh disesatkan. Yang nengeluarkan soal dari mana kah? Masa dibikin main2 pendidikan ini, ya? Apa kadrun sdh menguasai kemendiknas??? Gawat. Aduh, Pak Nadiemmmmmmm!!!! Kumaha ieuh...?!" pungkasnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Pemkot Cimahi Harjono mengungkap adanya kekeliruan dari tenaga pendidik di SD Santa Maria dan Santo Yusup. Harjono mengaku telah memanggil Kepala Sekolah dan guru yang menyusun materi tersebut.

Setelah mengkonfirmasi dengan yang bersangkutan, Harjono menjelaskan bahwa guru tersebut sama sekali tidak berniat memberi pemahaman yang salah. Sebab dia mendapatkan gambar tersebut dari Google dan dinilai paling layak dijadikan soal.

"Itu murni ketidaktahuan guru dan tidak ada maksud mengatakan bumi datar. Yang bersangkutan adalah bukan guru yang punya paham bahwa bumi itu datar," jelas Harjono, dilansir dari Detik.com, Jumat (7/5).

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru