Kapolri Tanggapi Pemudik Terobos Pos Penyekatan Yang Viral Di Sosial Media
Instagram/dishubsurabaya
Nasional

Ratusan pemudik di Karawang nekat terobos pos penyekatan mudik. Menanggapi hal tersebut, Kapolri meminta masyarakat untuk lebih disiplin dan menaati kebijakan larangan mudik 2021.

WowKeren - Baru-baru ini, para pemudik beramai-ramai nekat menerobos pos penyekatan wilayah mudik. Peristiwa itu terjadi di Pos Tanjung Pura, Karawang pada Sabtu (8/5). Hal itu terekam dalam sebuah video yang telah viral di sosial media.

Menanggapi hal tersebut, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menegaskan sekali lagi bahwa kebijakan larangan mudik 2021 tahun ini, bertujuan untuk melindungi masyarakat dari penularan COVID-19. Maka dari itu, diharapkan masyarakat bisa tertib dan disiplin mengikuti aturan pemerintah.

"Penyekatan mudik memang membuat masyarakat tidak nyaman," terang Listyo, Minggu (9/5). "Namun hal itu dilakukan untuk menjaga masyarakat agar tidak tertular varian baru COVID-19."

Pada saat melakukan peninjauan Operasi Ketupat 2021 di Pejagan, Brebes, Jawa Tengah, Kapolri menyampaikan bahwa secara keseluruhan pelaksanaannya berjalan dengan baik. Menurutnya, tugas kepolisian adalah menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat.


Maka dari itu, Listyo meminta masyarakat untuk memahami dan menaati kebijakan pemerintah yakni larangan mudik 2021 agar kasus COVID-19 di Indonesia bisa cepat terselesaikan. Lebih lanjut, mantan Kapolda Banten itu mengatakan selain penyekatan kendaraan, petugas juga melakukan pemeriksaan protokol kesehatan bagi pengendara.

Saat melakukan peninjauan di Brebes, Jawa Tengah, Kapolri tidak sendiri melainkan ditemani sejumlah menteri dan petinggi lainnya. Seperti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Listyo juga menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap petugas dan masyarakat yang berperan aktif dalam menekan penyebaran COVID-19. Selain meninjau posko Operasi Ketupat 2021 di Brebes, Kapolri beserta rombongan juga memantau penyekatan mudik di Pelabuhan Merak, Banten serta Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Sebelumnya, Polres Karawang dihadapkan dengan ratusan pemudik yang nekat menerobos penyekatan wilayah. Hal itu sempat membuat aparat kepolisian kewalahan dan tak bisa menghentikan para pemudik. Akhirnya, pemudik berhasil menerobos dan melanjutkan perjalanannya.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru