Korban Jiwa COVID-19 Di India Tembus 4 Ribu, WHO Sebut Sumbang Setengah Kasus Dunia
AP Photo
Dunia
Pandemi Virus Corona

India mencapai angka empat ribu orang meninggal akibat COVID-19 per hari. WHO menyebut India sebagai negara penyumbang setengah dari kasus COVID-19 dunia.

WowKeren - Pandemi COVID-19 masih menjadi wabah global, termasuk India. Saat ini, seluruh negara di dunia sedang fokus menghadapi dan mengatasi COVID-19 agar bisa cepat selesai.

Seorang penasihat ilmiah India memperingatkan bahwa setiap negara bisa mengalami gelombang COVID-19 selanjutnya, jika tidak segera menangani secepatnya. Di India sendiri telah mencapai angka 4 ribu orang meninggal setiap harinya.

Rumah sakit di India saat ini berupaya menambah ranjang dan tabung oksigen untuk menangani pasien-pasien COVID-19. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan dalam sebuah laporan mingguan bahwa India menjadi negara penyumbang hampir setengah dari kasus COVID-19 dan seperempat kasus kematian di dunia.

Tidak hanya itu, banyak pasien COVID-19 yang meninggal sebelum ditangani oleh tenaga medis. Banyak pasien yang meninggal di ambulans dan tempat parkir saat menunggu ranjang dan oksigen dari pihak rumah sakit. Hal itu disebabkan jumlah ranjang dan ruangan yang sudah melebihi kapasitas.


Senada, Penasihat Ilmiah Utama Pemerintah India K. Vijay Raghavan juga turut memperingatkan akan adanya gelombang ketiga. Menurutnya, gelombang ketiga tidak bisa dihindarkan oleh negara yang belum bisa mengatasi gelombang kedua.

"Fase 3 tidak bisa dihindari, mengingat tingginya tingkat virus yang beredar," ujar Vijay dalam konferensi pers. "Tapi tidak jelas pada skala waktu apa fase 3 ini akan terjadi, kita harus bersiap untuk gelombang baru."

Sementara itu, Perdana Menteri India Narendra Modi telah banyak dikritik karena tidak bertindak cepat dalam menghadapi pandemi COVID-19, khususnya menekan angka kasus pada gelombang kedua. Puncak serangan gelombang kedua di India terjadi setelah festival keagamaan dan demonstrasi politik yang menyebabkan puluhan ribu orang positif COVID-19 dan menjadi "penyebar super".

Berdasarkan dari data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) India menunjukkan angka kematian naik menjadi 3.780 orang, kasus harian 382.315 orang pada Rabu (5/5). Angka tersebut menjadi rekor baru di India.

Lebih lanjut, Pakar medis mengatakan angka aktual India bisa naik lagi lima hingga sepuluh kali lipat dari perhitungan resmi. Dalam empat bulan terakhir, India telah mencapai angka 10 juta kasus COVID-19.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts