Penjual Bipang Ambawang Banjir Pesanan Hingga Followers Usai Pidato Jokowi Viral
presidenri.go.id
Nasional

Sejumlah pengelola restoran yang menyediakan Bipang Ambawang mengaku kebanjiran pesanan usai pidato Presiden Jokowi yang menyinggung kuliner asal Kalimantan tersebut viral.

WowKeren - Bipang Ambawang khas Kalimantan sempat ramai diperbincangkan usai pidato Presiden Joko Widodo viral. Pidato tersebut bertujuan mengajak masyarakat memesan online kuliner khas kampung halaman, namun Jokowi sempat dikritik karena merekomendasikan olahan babi panggang tersebut dalam konteks Lebaran.

Meski demikian, pidato Jokowi yang viral tersebut rupanya membawa berkah bagi para pedagang Bipang Ambawang. Salah satu pemilik restoran Babi Panggang Ambawang di Kubu Raya, Kalimantan Barat, Deky Junaedi, mengaku toko online-nya banjir pesanan pada Sabtu (8/5) usai Bipang Ambawang ramai diperbincangkan.

Setelah Jokowi menyebut Bipang Ambawang dalam pidato viral tersebut, penjualan Deky bahkan meningkat dua kali lipat dibandingkan waktu normal. Menurut Deky, dagangannya kini mulai dipesan dari Jakarta dan beberapa kota besar lainnya.

"Sebagai salah satu orang yang bergerak di kuliner lokal, saya senang dan bangga dengan perhatian pemerintah," jelas Deky kepada CNN Indonesia, Minggu (9/5). "Kenaikan order ada, kalau dari online itu dua hari ini ada dua kali lipat dari normal."

Tak hanya pesanan, jumlah pengikut alias followers akun sosial media usaha Deky juga meroket. Menurut Deky, akun @bipangambawang miliknya telah mendapat sekitar 2 ribu followers baru sejak Bipang menjadi trending.


Sekarang karena Pak Jokowi, jadi banyak yang tahu, dulunya berusaha sendiri, marketing sendiri, endorse dari bawah ke pelanggan," paparnya. "Nah, ada Jokowi, jadi se-Indonesia jadi tahu."

Di sisi lain, ada sisi negatif yang dialami Deky usai Bipang Ambawang menjadi viral. Mulai dari komentar negatif warganet di media sosial hingga orang-orang iseng yang menghubungi restorannya.

Meski demikian, Deky menilai viralnya Bipang Ambawang ini dapat menjadi momentum kuliner tersebut untuk dikenal luas di luar Kalimantan. Deky bahkan mengaku sudah memiliki rencana untuk mengekspor Bipang ke luar negeri, seperti Singapura hingga Hong Kong.

Sementara itu, Verena Ella selaku salah satu pengelola restoran Bipangling Tamanesse di Kota Pontianak juga mengaku kebanjiran pelanggan. Menurut Verena, omzetnya naik hingga tiga kali lipat usai pidato Jokowi soal Bipang Ambawang viral.

"Kemarin itu biasanya Sabtu enggak terlalu ramai, tapi tiba-tiba kami dari buka jam 10 sampai jam 22, enggak berhenti berturut-turut orang datang," ungkapnya. "Biasanya, ada jam sepi, sekarang jadi ramai terus."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru